Selasa, 29 Jan 2019 18:55 WIB

Catat! Begini Dampaknya Jika Pakai Sepatu yang Tidak Sesuai

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Hati-hati, memakai sepatu dengan ukuran tidak sesuai bisa berdampak bagi kesehatan kaki. Foto: thinkstock Hati-hati, memakai sepatu dengan ukuran tidak sesuai bisa berdampak bagi kesehatan kaki. Foto: thinkstock
Jakarta - Kalangan warganet sedang dihebohkan soal unggahan aktris Bella Shofie di Instagram Story-nya. Ibu satu anak itu mengunggah foto kakinya yang tampak lecet akibat sepatu yang disebut berharga jutaan rupiah namun tak menjamin kenyamanan pemakainya.

Untuk urusan sepatu, lebih baik yang dijadikan patokan utama adalah kenyamanan. Nyaman berarti pas dengan bentuk kaki, enak dipakai sesuai dengan aktivitasnya. Konsultan foot and ankle surgery di RSUP Hasan Sadikin Bandung, dr Andri Permadhi, SpOT(K) mengatakan ada dampak bila mengenakan sepatu yang tidak sesuai.



Tak melulu soal ukuran, sepatu yang tidak sesuai bisa jadi sepatu yang bentuknya tidak pas dengan bentuk kaki. Dampak yang umum terjadi ketika memakai sepatu yang tidak sesuai adalah munculnya lecet pada kaki seperti yang terjadi pada Bella Shofie.

dr Andri melanjutkan, mengenakan bentuk sepatu yang tidak sesuai juga bisa mengubah struktur kaki apabila dipakai dalam jangka panjang. Contohnya menyebabkan bengkok pada ibu jari kaki atau yang disebut Hallux valgus pada wanita yang kerap mengenakan sepatu berujung runcing dan hak tinggi.

"Ya [bisa mengubah] pada sendi-sendi tertentu. Mengingat di kaki ada puluhan sendi yang saling berkaitan. Bentuk khusus kaki juga harus diperhatikan, kaki datar (flatfoot) atau sebaliknya pes cavus (kaki yang menekuk) memerlukan penopang khusus di sepatunya supaya tidak menyebabkan nyeri pada kaki," pungkasnya.

(frp/up)
News Feed
Breaking News
×
Sidang Sengketa Pilpres 2019
Sidang Sengketa Pilpres 2019 Selengkapnya