Rabu, 30 Jan 2019 06:55 WIB

Jus Jambu Biji Jadi 'Obat' DBD, Bagaimana Faktanya?

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Jus jambu biji sebagai obat DBD banyak direkomendasikan dari mulut ke mulut (Foto: iStock) Jus jambu biji sebagai 'obat' DBD banyak direkomendasikan dari mulut ke mulut (Foto: iStock)
Topik Hangat Serangan Nyamuk DBD
Jakarta - Siapa di sini kalau jenguk teman atau saudara yang sedang sakit demam berdarah dengue (DBD) bawa jus jambu biji alias guava? Hmm.. kira-kira benar tidak ya kalau jambu biji ampuh atasi DBD?

"Itu kan sesuatu yang orang mempercayai secara tradisional. Saya belum pernah membaca penelitian tentang hal itu. Tetapi bukan hal yang berbahaya juga," ujar peneliti Eliminate Dengue Project (EDP) dari Universitas Gadjah Mada, dr Riris Andono Ahmad, MPH, PhD, saat dihubungi detikHealth, Selasa (29/1/2019).



Pasien DBD memang diharuskan untuk mengonsumsi berbagai vitamin dan menjaga tubuh tetap terhidrasi agar penyembuhannya bisa lebih cepat.

"Artinya karena yang berbahaya dari demam dengue dan DBD kan adalah kebocoran plasma, sama seperti kita sedang dehidrasi jadi minum banyak cairan itu baik untuk menjaga dia tetap terhidrasi," tambahnya.

Oleh karena itu, jika ingin memberikan jambu biji tentu tidak masalah dan bukan hal yang keliru. Mengonsumsi buah jambu biji apalagi dengan cara di jus bisa sangat membantu.





Tonton juga video 'Musim Hujan Telah Tiba, Waspada DBD Ya!':

[Gambas:Video 20detik]

(kna/up)
Topik Hangat Serangan Nyamuk DBD
News Feed
CNN ID
×
Layar Demokrasi
Layar Demokrasi Selengkapnya