Rabu, 30 Jan 2019 07:26 WIB

Serai Vs Lavender, Mana Lebih Ampuh Usir Nyamuk?

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Kamu tim serai atau tim lavender? Kamu tim serai atau tim lavender?
Topik Hangat Serangan Nyamuk DBD
Jakarta - Masuk musim penghujan seperti ini, mulai banyak yang waspada mengenai demam berdarah dengue (DBD). Untuk menyiasati koloni nyamuk, beberapa orang menanam tanaman yang dipercaya ampuh usir nyamuk seperti lavender dan sereh atau serai. Tapi, beneran manjur tidak ya?

"Ada beberapa tanaman seperti lavender yang bisa mengusir nyamuk atau tanaman lain. Tetapi untuk sereh, saya belum pernah lihat penelitiannya," ujar peneliti Eliminate Dengue Project (EDP) dari Universitas Gadjah Mada, dr Riris Andono Ahmad, MPH, PhD, saat dihubungi detikHealth, Selasa (29/1/2019).



dr Riris menambahkan, tanaman sereh untuk mengusir nyamuk memang banyak dimanfaatkan secara tradisional dan sifatnya turun-temurun. Namun tidak seperti lavender, penelitian mengenai sereh memang belum mendetail.

"Ada beberapa tanaman yang memang mampu mengusir nyamuk. Seperti lavender itu memang sudah terbukti. Terkait dengan sereh, secara tradisional memang orang menggunakan minyak sereh. seberapa efektif, terus terang belum tahu," tuturnya.

Wah tapi sepertinya banyak ya yang menanam sereh untuk penangkal nyamuk. Tapi bagaimanapun, upaya meminimalkan ruang gerak para nyamuk untuk berkembang biak tetap harus dilakukan dengan menghindari adanya genangan air yang tidak terpantau.

Kalau kamu pernah tidak, sudah menanam sereh atau lavender tapi justru jadi sarang nyamuk karena terlalu rimbun? Komen di bawah ya!





Tonton juga video 'Musim Hujan Telah Tiba, Waspada DBD Ya!':

[Gambas:Video 20detik]

(kna/up)
Topik Hangat Serangan Nyamuk DBD
News Feed