Rabu, 30 Jan 2019 08:15 WIB

3 Tanaman Pengusir Nyamuk DBD Rekomendasi Ahli IPB

Roshma Widiyani - detikHealth
Tanaman rekomendasi ahli untuk cegah nyamuk demam berdarah. Foto: thinkstock Tanaman rekomendasi ahli untuk cegah nyamuk demam berdarah. Foto: thinkstock
Topik Hangat Serangan Nyamuk DBD
Jakarta - Pakar insektisida nabati Prof Dadang dari Departemen Proteksi Tanaman Institut Pertanian Bogor (IPB) merekomendasikan 3 tanaman, yang bisa digunakan untuk mengusir nyamuk Aedes aegypty. Tanaman ini mengandung senyawa diethylmeta toluamida (DEET) yang aromanya tidak disukai nyamuk, sehingga bisa menurunkan risiko tergigit.

"Untuk lingkungan rumah tangga bisa dicoba sereh (serai), lavender, dan zodia untuk mengusir nyamuk. Tanaman sebaiknya jangan ditanam terlalu jauh dari rumah serta dirawat dengan baik supaya efektivitasnya meningkat," kata Prof Dadang pada detikHealth, Selasa (29/01/2019).


Perawatan yang dimaksud tak sekadar menyiram atau memberi pupuk pada tanaman. Pemangkasan perlu dilakukan jika daun tanaman sudah terlihat terlalu rimbun, atau tumbuh terlalu rapat. Metode perawatan ini memudahkan tanaman tumbuh dengan baik, yang akan meningkatkan efektivitasnya mengusir nyamuk.

Penggunaan sereh, lavender, dan zodia sebagai tanaman pengusir nyamuk sebetulnya bukan hal baru. Namun, tanaman biasanya digunakan dalam bentuk ekstrak yang sudah menjadi produk tertentu misal lotion atau semprotan aerosol.

Menurut Prof Dadang, tanaman dalam bentuk utuh atau esktrak sama-sama bisa mengusir nyamuk Aedes aegypty. Namun efektivitasnya akan lebih baik jika dibarengi metode Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN), serta perilaku hidup bersih sehat.





Simak juga video 'Musim Hujan Telah Tiba, Waspada DBD Ya!':

[Gambas:Video 20detik]

(up/up)
Topik Hangat Serangan Nyamuk DBD
News Feed