Jumat, 01 Feb 2019 08:41 WIB

Kanker Penis Menular Lewat Apa?

Ayunda Septiani - detikHealth
Apakah kanker penis bisa menular? Foto: Thinkstock Apakah kanker penis bisa menular? Foto: Thinkstock
Topik Hangat Hari Kanker Sedunia
Jakarta - Jarang terdengar bukan berarti tidak ada. Kanker penis pada pria memang tidak sepopuler kanker prostat, tetapi tetap perlu diwaspadai, terlebih karena bisa menular.

Jenis kanker ini sebenarnya adalah kanker kulit yang menyerang area kemaluan pria. Penyebabnya sama seperti kanker serviks pada wanita, yakni HPV atau Human Papiloma Virus.

"Jadi yang bisa menular itu bukan kanker penisnya, tapi virus yang menyebabkannya. Virus yang menyababkan kanker penis adalah virus HPV," kata dr Poh Beow Kiong, ahli Urologi Parkway Hospital, saat ditemui detikHealth di Kawasan Jakarta Selatan. Kamis (31/01/2019).


Virus HPV yang sering ditemui dan memiliki banyak tipe. Beberapa di antaranya dapat menyebabkan perubahan pada sel tubuh yang berkembang menjadi kanker. Sekitar 40 tipe HPV hidup di membran mukosa seperti vagina, serviks, dan anus.

HPV genital menular melalui hubungan seks vaginal, oral, dan anal maupun sentuhan kulit. Selain kanker seviks, beberapa jenis kanker lainnya seperti kanker penis, vagina, vulva, uretra, serta beberapa kanker pada kepala dan leher.





Tonton juga video 'Mengenal Faktor Risiko Kanker Usus':

[Gambas:Video 20detik]

(up/up)
Topik Hangat Hari Kanker Sedunia
News Feed