Jumat, 01 Feb 2019 09:05 WIB

Sudah Dinyatakan Bersih, Kenapa Kanker Bisa Kambuh Lagi?

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Dalam beberapa kasus, sebagian orang yang telah dinyatakan bersih dari kanker bisa saja akan terjangkit kembali. Foto: Shutterstock Dalam beberapa kasus, sebagian orang yang telah dinyatakan bersih dari kanker bisa saja akan terjangkit kembali. Foto: Shutterstock
Topik Hangat Hari Kanker Sedunia
Jakarta - Dalam beberapa kasus, sebagian orang yang telah dinyatakan bersih dari kanker bisa saja akan terjangkit kembali. Seperti yang dialami oleh Ustaz Arifin Ilham beberapa waktu lalu.

"Kanker bukan sembuh, tapi terkontrol. 30 persen kanker dapat terkontrol jika ditemukan dan diobati dengan dini. Hingga saat ini agak sulit untuk mengatakan sembuh. Daritadi selalu saya tegaskan tetap kontrol karena hal itu (kanker kambuh) bisa selalu terjadi," tutur Prof Dr dr Soehartati, SpRad, Onk.Rad, saat dijumpai di Kantor Kementerian Kesehatan, Kamis (31/1/2019).

Sel kanker memang pada dasarnya tidak dapat hilang. Setelah seseorang sudah menjalani berbagai pengobatan, sel kanker akan 'bersembunyi' sampai pada titik tertentu yang menyebabkan ia akan muncul kembali.


"Sel kanker pintar sekali., jadi dia bisa bersembunyi dalam keadaan G-0 yang sangat persis sel normal. Tidak bisa dibunuh, dipakai kemo nggak mati dan dia tidak membelah. Diam saja," jelas dr Soehartati.

Salah satu faktor utama pemicu kemunculan sel kanker adalah pola hidup yang tidak dijaga dengan baik. Memaksakan tubuh tetap beraktivitas ketika lelah hingga makan tidak teratur.

Sampai pada suatu saat keadaan tubuh kita memburuk, pola makannya ngaco, hidupnya ngaco, dan segala macam nanti lingkungan dia berubah ke keadaan yang mensupport sel kanker ini untuk tumbuh lagi. Makanya itu bisa terjadi, sehingga apa yang bisa menghambat kanker hidup kembali adalah pola hidup sehat," pungkasnya.





Simak juga video 'Mengenal Faktor Risiko Kanker Usus':

[Gambas:Video 20detik]

(kna/up)
Topik Hangat Hari Kanker Sedunia
News Feed
Breaking News
×
Sidang Sengketa Pilpres 2019
Sidang Sengketa Pilpres 2019 Selengkapnya