Minggu, 03 Feb 2019 12:02 WIB

Waspadai Kanker Prostat, Salah Satu Gejalanya Jadi Sering Pipis

Ayunda Septiani - detikHealth
Ilustrasi kanker prostat. Foto: ilustrasi/thinkstock Ilustrasi kanker prostat. Foto: ilustrasi/thinkstock
Topik Hangat Hari Kanker Sedunia
Jakarta - Kanker prostat merupakan jenis kanker terbanyak ketiga pada pria setelah kanker paru-paru dan kanker dubur. Sekitar 15 kasus ditemukan di setiap 100.000 orang dan diperkirakan akan terus meningkat.

Kebanyakan kanker prostat terlambat diketahui karena gejalanya kerap terabaikan. Memangnya apa saja sih gejala awalnya?

"Seringnya buang air kecil baik itu pagi atau malam hari, terlebih jika tidur pada malam hari bisa 3 kali untuk buang air kecil," jelas dr Poh Beow Kiong, ahli Urologi Parkway Hospitals, Singapura.

"Sulit bagi seseorang untuk mengontrol kemampuan kantong kemih, baik itu untuk memulai ataupun menghentikan aliran air seni. Serta munculnya darah pada air seni dan nyeri tulang dapat muncul," lanjutnya.


Tanda-tanda yang disebutkan dr Poh memang belum tentu berarti kanker prostat. Harus ada pemeriksaan untuk memastikan penyebab sesungguhnya, tetapi kemungkinan kanker prostat tetap harus diwaspadai agar bisa mendapatkan penanganan dengan segera.

Apabila terbukti karena kanker prostat, dokter akan memeriksa tingkat keparahan dan keganasannya. Selanjutnya, mereka akan memberikan pengobatan yang sesuai.

(up/up)
Topik Hangat Hari Kanker Sedunia
News Feed