Senin, 04 Feb 2019 09:17 WIB

Hari Kanker Sedunia

Tergantung Jenis dan Stadium, 60 Persen Kanker Butuh Terapi Radiasi

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Hampir semua jenis kanker membutuhkan radioterapi. (Foto: iStock) Hampir semua jenis kanker membutuhkan radioterapi. (Foto: iStock)
Topik Hangat Hari Kanker Sedunia
Jakarta - Radioterapi adalah pengobatan kanker yang bertujuan untuk membunuh sel kanker menggunakan sinar radiasi. Radioterapi berfungsi merusak sel-sel kanker dan menghentikan mereka dari tumbuh atau menyebar di dalam tubuh. Lalu, apakah semua pasien kanker membutuhkan radioterapi?

"Kira-kira sekitar 60 persen dari semua pasien kanker dalam perjalanan pengobatan membutuhkan radioterapi. Tandanya, tergantung stadium dan jenis kanker," Ketua Komite Penanggulangan Kanker Nasional (KPKN), Prof Dr dr Soehartati, SpRad, Onk.Rad, saat dihubungi oleh detikHealth belum lama ini.

Pengobatan dengan terapi radiasi diberikan tergantung pada jenis kanker yang dirawat dan tergantung dari tujuan terapi radiasi, seperti untuk mengobati kanker atau mengurangi gejala.



"Kalau stadium dini, radioterapi bertujuan untuk kuratif atau kontrol. Sedangkan stadium lanjut bertujuan untuk paliatif, mengurangi rasa sakit, mengurangi kelumpuhan atau menghentikan pendarahan." tambahnya

dr Tati menambahkan, hampir semua jenis kanker membutuhkan radioterapi, hanya memang ada beberapa jenis kanker yang fungsi radioterapinya kurang.

"Untuk kanker payudara dan kanker rahim, efeknya bisa sampai 80 persen. Untuk kanker darah hanya 10-20 persen," pungkasnya.

(kna/up)
Topik Hangat Hari Kanker Sedunia
News Feed