Selasa, 05 Feb 2019 07:35 WIB

Cara Unik Wanita di Surabaya Cegah Kanker dengan Yoga

Hilda Meilisa Rinanda - detikHealth
Yoga untuk melawan sel kanker. (Foto: Hilda Meilisa Rinanda) Yoga untuk melawan sel kanker. (Foto: Hilda Meilisa Rinanda)
Topik Hangat Hari Kanker Sedunia
Surabaya - Banyak cara merayakan Hari Kanker Sedunia. Masyarakat disadarkan betapa pentingnya menjaga kesehatan tubuh. Salah satunya melawan kanker dengan yoga.

Bertajuk Self Healing with Yoga, wanita di Surabaya diajak melawan sel kanker dengan metode yang cukup menenangkan dan menyenangkan. Bagaimana bisa?

Instruktur yoga dr Astie Young mengatakan sel kanker sejatinya ada di setiap tubuh manusia. Jika ditunjang dengan pola hidup yang buruk, akibatnya sel kanker pun mudah berkembang. Untuk itu, Astie menyarankan agar menenangkan pikiran agar sel kanker tetap terkendali.

"Kita tahu bahwa penyakit biasanya disebabkan karena pikiran. Yang kedua karena memang kita menghasilkan kanker, ada bibit istilahnya," kata Astie ditemui usai memberi istruksi Self Healing with Yoga di Hotel Whyndam Surabaya, Senin (4/2/2019).



Astie menyebut hidup yang penuh pikiran, akan membuat stres menumpuk dan berakibag sel kanker mudah tumbuh.

"Kalau hidup kita dipenuhi stres yang sangat tinggi. Bibit ini memang mudah tumbuh," lanjutnya.

Sementara itu, dalam yoga, Astie mengatakan dirinya di segmen pertama mengajak para peserta untuk tenang. Merilekskan badan dan menghirup nafas sedalam-dalamnya.

Astie mengibaratkan di dalam tubuh manusia yang komposisinya lebih banyak cairan, harus dibuat tenang dulu. Sama seperti air, jika terombang-ambing pasti akan semakin tinggi emosi yang dirasakan.

"Kalau yoga kita lihat segmen pertama itu centering ya. Kita menenangkan dulu," lanjutnya.



Cara Unik Wanita di Surabaya Cegah Kanker dengan Yoga Foto: Hilda Meilisa Rinanda


Lalu, dengan yoga apa bisa mengurangi sel kanker? Astie mengatakan dengan metode Yin Yoga bisa mengurangi bahkan bisa menjadi terapi penderita kanker. Karena, dalam yin yoga yang dilakukan dengan perlahan, bisa memacu tubuh untuk rileks.

Tak hanya itu, dalam yin yoga juga terdapat gerakan yang mengajak untuk menghirup nafas dari satu lubang hidung. Kemudian membuangnya dengan lubang lain. Hal ini dipercaya bisa mensugesti jika penyakit akan luruh dan terbuang seiring dengan tarikan nafas.

"Nah yin yoga ini membuat orang lebih fresh karena gerakannya yang lambat. Dan agak bosen sebetulnya, karena mereka tenang lambat dan menggerakan seluruh tubuhnya dengan induk. Berbeda dengan yoga-yoga lain seperti membentuk tubuh dan lain sebagiannya," papar Astie.



Simak Juga 'Awas, Memasak di Panci Gosong Bisa Sebabkan Kanker':

[Gambas:Video 20detik]


Cara Unik Wanita di Surabaya Cegah Kanker dengan Yoga

(up/up)
Topik Hangat Hari Kanker Sedunia
News Feed