Selasa, 05 Feb 2019 16:29 WIB

Tak Ingin Kena Fogging DBD, Kolektor Rela Sebarkan Ratusan Ikan Cupang

Kireina S. Cahyani - detikHealth
Ikan cupang yang disebarkan kolektor untuk cegah DBD. Foto: Kireina S. Cahyani/detikHealth Ikan cupang yang disebarkan kolektor untuk cegah DBD. Foto: Kireina S. Cahyani/detikHealth
Topik Hangat Serangan Nyamuk DBD
Jakarta - Fogging merupakan salah satu cara yang populer untuk memberantas nyamuk DBD (Demam Berdarah Dengue). Namun kegiatan pengasapan dengan menggunakan pestisida guna mengusir nyamuk ini belakangan ini dinilai justru lebih memiliki banyak dampak negatifnya.

Konsentrasi pestisida dalam fogging ini hanya bersifat sementara karena hanya dapat membunuh nyamuk-nyamuk dewasa, tidak dengan jentik-jentik nyamuknya. Bahkan dalam melakukan fogging ini juga dapat membunuh predator lainnya yang dapat menggangu rantai makanan. Sehingga nyamuk-nyamuk masih akan dapat hidup dan berkembang biak.

Dampak negatif fogging juga dikeluhkan oleh Ega, salah seorang pencinta ikan cupang di Jakarta Selatan. Saking khawatirnya soal rencana fogging di lingkungannya, ia merelakan koleksi ikan cupangnya untuk dibagi-bagi ke warga. Ega mengaku, lebih baik kehilangan koleksi ikan cupang daripada harus fogging.

"Sepanjang musim hujan ini memang belum ada fogging di daerah sini, tapi saya rasa fogging juga tidak begitu efektif dampaknya. Justru saya jadinya khawatir ikan-ikan cupang saya bisa terkena dampak dari bahan-bahan kimia dari fogging itu," ujar Ega saat membagikan ikan-ikan cupangnya kepada warga sekitar di kediamannya, Minggu (3/2/2019).



Ikan cupang yang dibagikan untuk basmi jentik nyamuk. Ikan cupang yang dibagikan untuk basmi jentik nyamuk. Foto: Kireina S. Cahyani/detikHealth


Bukan cuma Ega. Warga sekitar juga mengaku khawatir bila harus mendapat fogging. Karenanya, mereka dengan senang hati ikut 'mengadopsi' ikan-ikan cupang pemberian Ega.

"Jujur ya Mba saya baru tahu ini ikan cupang ini bisa bantu ngurangin DBD, kalau begini tentu saja mending pakai ikan cupang ya dibanding fogging. Kalau fogging ya jujur, kalau kena lantai itu susah bersihinnya, sebel aku juga, baunya juga jadi nempel banget ke baju-baju. Jadi mendingan pakai ikan cupang deh ya," tutur Wulan, salah seorang warga di Jaksel.

Masyrakat yang terkena DBD di kawasan ini pun sudah mulai berjatuhan. Ini diungkap oleh Dede, salah seorang kader jumantik di wilayah tersebut.

"Dekat sini sudah ada yang kena DBD. Memang yah lebih baik memberantasnya jentiknya itu dimakan ikan cupang, soalnya kalo fogging itu hanya membunuh nyamuk besarnya saja, jentik tidak. Justru malah menetas kan dia jadinya. Lebih baik memang ikan ini juga bisa ditaruh di kolam-kolam, bak mandi juga, supaya dia makanin jentik-jentiknya," ujar Dede.

Cupang dibagikan ke masyarakat. Cupang dibagikan ke masyarakat. Foto: Kireina S. Cahyani/detikHealth


(up/up)
Topik Hangat Serangan Nyamuk DBD
News Feed