Rabu, 06 Feb 2019 15:30 WIB

Idap Kondisi Langka, Gadis Ini Harus Minum 6 Liter Air Perhari

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Hyperhidrosisi adalah kondisi tubuh berkeringat secara berlebihan. (Foto: Istock) Hyperhidrosisi adalah kondisi tubuh berkeringat secara berlebihan. (Foto: Istock)
Jakarta - Seorang gadis dari Houston, Texas, mengalami kondisi langka. Sophie Dwyer (20) berkeringat 10 kali lebih banyak dari orang pada umumnya.

Sophie didiagnosa mengidap hyperhidrosis atau keringat berlebihan. Karena ini, dia harus minum air putih lebih dari 6 liter perhari untuk menggantikan kelembaban yang hilang, terutama dari tangan, kaki, dan ketiaknya.

"Aku berkeringat banyak sekali dan itu membuatku selalu merasa tidak nyaman. Tapi musim dingin adalah yang terparah. Saya berkeringat tapi keringatnya dingin," ujar Sophie dikutip dari Daily Mail.

"Aku harus berpakaian hangat, tetapi tahu keringatnya tetap mulai meresap melalui lapisan, yang kemudian mulai membeku membuat saya lebih dingin. Ini membuatku lebih depresi," sambungnya.

Heidi, ibunya, juga mengatakan sejak umur 2 tahun, Sophie terasa lebih 'lengket' daripada teman sebayanya. Setelah itu, ia membawa Sophie ke dokter dan didiagnosa dengan hyperhidrosis.

Hyperhidrosis adalah kelainan bawaan yang dimulai pada masa kanak-kanak yang biasanya hanya menyerang area tertentu. Dalam kasus Sophie, ini menyerang tangan, kaki, dan ketiaknya.

Karena kondisi yang dialaminya ini, Sophie juga mengalami masalah medis lainnya, termasuk eksim pada kakinya.



"Aku memiliki komputer dan ponsel yang rusak karena kerusakan air, aku juga sangat kesulitan menyetir karena kemuudinya selalu tergelincir," ujarnya.

Berbagai perawatan telah dilakukan, termasuk iontophoresis yankni tangan ditempatkan di air yang terhubung ke arus listrik, tetapi sayangnya tidak ada yang efektif.

Karena kondisinya, tidak jarang Sophie mendapat perlakuan buruk dari teman sebayanya dan banyak orang yang menghindar. Mula-mula, ia merasa tertekan dan depresi lalu berusaha untuk menerima kondisi yang diidapnya.

"Ini seperti kekuatan super, meski sepertinya kekuatan super yang paling aneh di dunia. Ketika kamu mengalami kondisi yang tidak bisa dikontrol sepertiku, yang bisa kamu lakukan hanya bersedih atau menerimanya," tambahnya.

Hyperhidrosis bukanlah sesuatu yang ingin ia sembunyikan. Saat ini, Sophie telah membuat akun di Instagram untuk membahas secara terbuka terkait kondisinya.

"Aku merasa harus merangkul ini, tidak menghindarinya dan berpura-pura semuanya baik-baik saja. Aku akan menghabiskan hidupku hidup dengan ini, jadi aku harus menghadapinya," tutupnya.


Idap Kondisi Langka, Gadis Ini Harus Minum 6 Liter Air Perhari
(kna/up)
News Feed