Rabu, 13 Feb 2019 10:15 WIB

Sering Pakai Handuk Bersama-sama? Waspadai Risiko Penyakit Ini

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Sebaiknya handuk tidak dipakai bersama-sama (Foto: ilustrasi/thinkstock) Sebaiknya handuk tidak dipakai bersama-sama (Foto: ilustrasi/thinkstock)
Jakarta - Beberapa orang punya kebiasaan tukar-tukaran handuk ketika di rumah. Misal, pakai handuk adik atau kakak saat 'kepepet' atau satu handuk dipakai untuk beberapa anggota keluarga. Padahal, ada bahaya yang mengintai lho jika kamu punya kebiasaan seperti ini.

"Kusta ini disebabkan oleh kuman microbacterial lepre. Itu bakterinya yang bisa menular, kalau satu rumah itu tukar-tukaran handuk," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Cilegon, dr Arriadna, di sela-sela Rapat Kerja Kesehatan Nasional di ICE BSD, Tangerang Selatan, Selasa (13/2/2019).

Kebersihan personal menjadi penting, sebab penularan kusta bisa terjadi ketika seseorang punya kebiasaan jorok. Duh, nggak mau kan seperti itu?



"Personal hygiene ini sebenarnya bukan hanya kusta saja. Artinya semua penyakit kulit bisa tertular, tapi kan kalau penyakit kulit lain ngobatinnya gampang," tambahnya.

Penyakit kusta memang sudah ada obatnya, tetapi kadang masyarakat tidak sadar akan gejala awal. Sama seperti penyakit lain, kusta termasuk penyakit kulit yang masa penyembuhannya tergolong lama.

"Penyakit kulit lain kan sembuhnya tetap lama, seperti kurap atau panu. hari ini diobati, sebelum sembuh kadang pasien sudah stop pengobatan yang membuat penyembuhan menjadi lama. Untuk kusta, penyembuhannya bisa berjalan 6-12 bulan," pungkasnya.





Simak juga video 'Mengapa Handuk Mampu Menyerap Air?':

[Gambas:Video 20detik]

(kna/up)