Rabu, 13 Feb 2019 12:25 WIB

Mau Kerja di Eropa Gaji Rp 25 Juta Perbulan? Belanda Butuh Ribuan Perawat

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Belanda butuh ribuan perawat dari Indonesia (Foto: iStock) Belanda butuh ribuan perawat dari Indonesia (Foto: iStock)
Jakarta - Belanda butuh ribuan care giver untuk dipekerjakan di panti jompo. Kesempatan nih untuk perawat asal Indonesia, gajinya lumayan lho!

Presiden Indonesia Diaspora Network, Ebed Litay, menyebut pekerjaan perawat di Belanda sangat menjanjikan dari sisi penghasilan.

"Gaji perawat saya tidak tahu pasti tapi minimum gaji di Belanda itu 1500 euro atau sekitar 25-30 juta rupiah. Kalau perawat pasti lebih tinggi," ucap Ebed, seperti dikutip dari rilis Kementerian Ketenagaerjaan RI pada Rabu (13/2/2019).

Ebed mengatakan, sebanyak 12 perawat asal Indonesia akan diberangkatkan ke Belanda pada Mei 2019. Jumlah tersebut masih sangat sedikit karena kebutuhan perawat di Belanda diperkirakan sekitar 110 ribu orang.



Seperti di negara-negara Eropa pada umumnya, kebutuhan perawat di Belanda sangat tinggi karena populasi usia produktif mengalami penurunan.

"Kita sudah menghubungi rumah sakit, asuransi, dan kementerian terkait di Belanda untuk mengetahui jumlah pasti kebutuhan akan perawat lansia di sana," kata Ebed.



Terkait kebutuhan tersebut, Menteri Ketenagakerjaan M Hanif Dhakiri menyebut kompetensi calon perawat akan terus disiapkan lewat pelatihan di balai-balai latihan kerja milik Kemnaker.

"Kita ingin terus meningkatkan jumlah pekerja formal di luar negeri," katanya.


Mau Kerja di Eropa Gaji Rp 25 Juta Perbulan? Belanda Butuh Ribuan Perawat
(up/up)