Kamis, 14 Feb 2019 15:00 WIB

Viral Video Wanita Makan Sabun, Apa Kabar pH Lambung?

Widiya Wiyanti - detikHealth
Sabun bersifat basa dan mengganggu keasaman lambung (Foto: iStock) Sabun bersifat basa dan mengganggu keasaman lambung (Foto: iStock)
Jakarta - Video viral baru-baru ini di media sosial cukup mengejutkan netizen. Bagaimana tidak, dalam video tersebut seorang wanita tengah menikmati makan hal yang tidak biasa, yaitu sabun.

Sesuatu yang biasanya digunakan di bagian luar tubuh, oleh wanita tersebut dimasukkan ke dalam tubuhnya. Lantas, bagaimana keadaan sistem pencernaannya?

Dokter spesialis penyakit dalam konsultan endokrin metabolik dan diabetes dari Eka Hospital, dr. Indra Wijaya, SpPD-KEMD, M.Kes, FINASIM mengatakan bahwa sabun yang bersifat basa atau alkali bisa membuat iritasi saluran pencernaan, meliputi kerongkongan, lambung, hingga usus, yang normalnya bersifat asam.



"Tentu akan menggangu sistem pencernaan sekaligus pH (kadar keasaman), karena pH lambung kita asam sekali," ujarnya kepada detikHealth saat ditemui di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (14/2/2019).

dr Indra menjelaskan bahwa mengonsumsi sabun dapat membuat pH di lambung terganggu. Akibatnya dapat menimbulkan gejala seperti keracunan. Namun, semua itu tergantung pada tingkat kerentanan lambung seseorang.

[Gambas:Video 20detik]



(wdw/up)
News Feed