Senin, 18 Feb 2019 23:04 WIB

Serba-serbi Asam Mefenamat, Fungsi, Aturan Pakai, dan Efek Samping

Tim detikHealth - detikHealth
Serba-serbi Asam Mefenamat, Fungsi, Aturan Pakai, dan Efek Samping/Foto: iStock Serba-serbi Asam Mefenamat, Fungsi, Aturan Pakai, dan Efek Samping/Foto: iStock
Jakarta - Kendati sering digunakan sebagai obat pereda rasa nyeri hingga penurun demam, asam mefenamat ternyata menjadi salah satu obat yang tidak boleh dikonsumsi sembarangan. Di mana penggunaan obat ini harus disesuaikan dengan dosis dokter secara tepat dan akuran.

Lantas, apa itu obat asam mefenamat, apa kegunaannya, dan bagaimana aturan pakai dari obat ini?



Definisi

Asam mefenamat adalah salah satu tipe obat yang digunakan sebagai anti peradangan dan anti inflamasi dengan jenis non-steroid. Di mana obat ini sering digunakan untuk meredakan rasa nyeri saat seseorang sedang merasakan sakit gigi. Selain itu, obat ini juga sering digunakan sebagai obat demam yang cukup ampuh menurunkan panas.

Obat yang masuk dalam kategori NSAIDs ini memiliki khasiat untuk menghambat pembentukan enzim prostaglandin, yaitu senyawa yang telah dilepaskan tubuh yang mampu memicu timbulnya rasa nyeri hingga peradangan pada organ tubuh lainnya, misalnya saja seperti nyeri saat sakit gigi, setelah melakukan tindakan pembedahan atau operasi, saat menstruasi, hingga meredakan gejala artritis.

Fungsi dan Kegunaan Asam Mefenamat

Sebagai salah satu obat yang sering digunakan untuk meredakan rasa nyeri, peradangan, hingga sakit demam. Obat ini memiliki sejumlah fungsi dan kegunaan lain yang bisa digunakan.

Berikut adalah fungsi asam mefenamat:

· Mampu meredakan rasa nyeri akibat sakit gigi yang dapat dipicu adanya masalah seperti gigi berlubang, gigi sensitif, karang, hingga gangguan gigi lainnya. Namun untuk mendapatkan hasil diagnosis yang lebih tepat dan akurat, maka sebaiknya periksakan segera ke dokter gigi.

· Mampu meredakan sakit kepala yang diakibatkan oleh beban pikiran yang berat, stress berkepanjangan, demam, ataupun gangguan kesehatan lainnya.

· Obat ini memiliki kemampuan untuk mengurangi ketegangan yang ada di obat lainnya. Sehingga biasanya penggunaan asam mefenamat diikuti dengan dosis penggunaan obat lainnya.

· Dapat meredakan rasa sakit setelah dilakukan tindakan pembedahan atau operasi. Biasanya obat ini akan diberikan sesuai dengan dosis penggunaan bagi pasien setelah melakukan tindakan pembedahan atau operasi.

· Mampu digunakan untuk mengurangi rasa sakit saat menstruasi. Biasanya kaum perempuan akan merasakan rasa sakit di hari pertama menstruasi. Namun jika menghasilkan dampak negatif atau menimbulkan efek samping lainnya, sebaiknya segara hentikan penggunaan dari obat ini.

· Obat ini juga dapat meredakan rasa nyeri akibat adanya trauma dalam tubuh, baik trauma kecil ataupun besar. Biasanya trauma yang terjadi berhubungan dengan jaringan pusat (otak).

Aturan Pakai

Seperti halnya obat lain, penggunaan obat asam mefenamat ini harus disesuaikan dengan dosis dokter. Biasanya obat ini akan dikonsumsi sebanyak 4 kali sehari yang dapat diminum dengan menggunakan segelas air (sekitar 240 ml) untuk meredakan sakit nyeri. Setelah itu, pasien sebaiknya tidak langsung berbaring selama 10 menit.

Bagimana jika digunakan untuk ibu hamil dan menyusui?

Bagi ibu hamil dan menyusui penggunaan obat ini harus disesuaikan dengan resep atau dosis dokter sesuai dengan diagnosis yang diberikan. Dimana penggunaan asam mefenamat untuk ibu hamil hampir sama dengan orang normal. Namun jika terdapat gangguan atau keluhan lain, maka sebaiknya konsultasikan dengan pihak dokter atas penggunaan obat ini.

Bagimana jika digunakan untuk meredakan sakit saat menstruasi?

Karena obat ini memiliki kemampuan untuk meredakan rasa nyeri dan peradangan. Maka biasanya wanita yang mengalami rasa sakit saat menstruasi di hari pertama sering mengkonsumsi obat ini untuk meredakan rasa sakit yang dialami. Dimana Anda bisa mengkonsumsi obat ini saat sensasi rasa nyeri sedang terjadi hingga 2 - 3 hari berikutnya.

Terakhir, untuk penggunaan obat ini sebaiknya menggunakan resep atau dosis dari dokter dan jangan coba-coba untuk menaikkan dosisnya karena hal ingin cepat sembuh. Selain itu, penggunaan tepat dari obat ini adalah tidak boleh dikonsumsi lebih dari 7 hari secara berturut-turut. Jika setelah mengkonsumsi obat ini Anda merasakan efek samping ataupun tidak segera sembuh dari rasa nyeri yang dirasakan. Maka sebaiknya segara ambil tindakan untuk pergi ke dokter.

Dosis Pemakaian

Pengguna dari obat ini maka harus disesuaikan dengan dosis pemakaian yang tepat. Alangkah baiknya jika penggunaan obat ini disesuaikan dengan resep atau dosis dari dokter. Berikut dosis pemakaian obat yang dapat dilihat dari usia pengguna:

· Asam mefenamat untuk gigi dan meredakan rasa nyeri: dosis pemakaian pertama yang dianjurkan adalah 500 mg kemudian dapat diteruskan dengan pengkonsumsian sebanyak 250 mg per 6 jam sekali (disesuikan dengan kebutuhan). Dosis ini dapat digunakan tidak lebih dari 7 hari secara berturut-turut.

· Digunakan untuk meredakan rasa nyeri saat menstruasi: dosis pemakaian pertama yang dianjurkan untuk wanita menstruasi adalah 500 mg kemudian dapat diteruskan dengan pengkonsumsian sebanyak 250 mg per 6 jam sekali (disesuikan dengan kebutuhan).

· Dosis untuk anak-anak: obat ini tergolong aman untuk dikonsumsi anak-anak. Untuk usia anak-anak hingga dewasa dengan rentang usia 14 - 18 tahun dapat mengkonsumsi 500 mg kemudian dapat diteruskan dengan pengkonsumsian sebanyak 250 mg per 6 jam sekali.



Efek Samping

Penggunaan beberapa obat medis memang menimbulkan beberapa efek samping, tidak terkecuali dengan obat yang satu ini. Untuk efek samping yang ditimbulkan mungkin akan berbeda-beda setiap orangnya. Berikut efek samping atau bahaya yang bisa ditimbulkan akibat pengkonsumsian obat asam mefenamat:

- Perut terasa kembung, mual, sembelit, hingga diare

- Munculnya rasa gatal atau ruam pada bagian kulit

- sakit kepala, pusing, hingga munculnya rasa gugup secara tiba-tiba

- Pandangan kabur

- Telinga berdenging

- Keluar keringat dingin, mulut kering, hingga keluar lendir dari hidung

Efek Samping Tambahan:

- Nyeri di bagian dada, sesak nafas

- Mudah teras lelah

- Kurang jelas saat berbicara

- Masalah penglihatan hingga hilangnya keseimbangan

- Muntah, batuk darah, hingga BAB dengan tinja berwarna kehitaman

- Sulit buang air kecil, jika pun bisa akan disertai rasa sakit

- Otot tiba-tiba kesemutan, lemah, hingga mati rasa

- Hilangnya nafsu makan

Jika beberapa efek samping di atas Anda temui, maka sebaiknya langsung hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih intens.
Anjuran Sebelum Pemakaian

Setiap orang yang mengkonsumsi obat-obatan, maka ada beberapa anjuran sebelum pemakaian yang harus Anda perhatikan, yaitu sebagai berikut:

- Bagi yang memiliki riwayat alergi dengan produk obat, maka sebaiknya beri tahu pihak dokter atau apoteker dalam penggunaan obat ini.

- Beberapa riwayat kesehatan dapat mempengaruhi kinerja dari obat ini, seperti adanya pembengkakan di dalam hidung, keluarnya ingus, hidung tersumbat, pembengkakan di bagian organ seperti tangan dan kaki, adanya penyakit ginjal dan hati.

- Ibu hamil dan menyusui sebaiknya konsultasikan pada dokter untuk dosis pemakaiannya.

- Untuk yang menghadapi tindakan pembedahan atau operasi sebaiknya bicarakan dengan dokter yang menangani Anda atas penggunaan obat ini.

Itulah beberapa info yang dapat Anda ketahui tentang asam mefenamat hingga efek samping yang ditimbulkan atas penggunaan obat ini. Jika dalam penggunaannya Anda menemukan beberapa efek samping yang telah disebutkan di atas, maka segera lakukan tindakan untuk pergi ke dokter.

(nwy/up)