Rabu, 20 Feb 2019 15:05 WIB

5 Dampak Bahaya Pemasangan Veneer Gigi yang Sembarangan

Firdaus Anwar - detikHealth
Veneer gigi merupakan tindakan medis yang harus dilakukan oleh dokter gigi profesional. (Foto: thinkstock) Veneer gigi merupakan tindakan medis yang harus dilakukan oleh dokter gigi profesional. (Foto: thinkstock)
Topik Hangat Tren Veneer Abal-abal
Jakarta - Veneer gigi adalah proses yang biasa dilakukan berfungsi untuk memperbaiki penampilan gigi. Dokter melakukannya dengan menempelkan permanen lapisan porselen atau resin pada gigi sehingga kecacatannya tertutupi.

Namun perlu diketahui kalau veneer gigi ini harus dipasang secara profesional oleh ahlinya yaitu dokter gigi. Di media sosial banyak beredar cerita orang-orang yang sembarangan memasang veneer gigi dengan hasil berantakan.

drg Rifqie Al Haris yang mengelola akun Instagram @korbantukanggigi memberikan beberapa contohnya:

1. Sisa makanan menyangkut

Lapisan veneer yang dipasang sembarangan, misalnya saling tersambung, bisa menimbulkan celah untuk sisa-sisa makanan menempel di gusi tidak bisa disikat. Dalam jangka waktu lama sisa makanan ini akan menumpuk semakin banyak mengundang bakteri untuk berkembang biak.

Sisa makanan menempel di veneer gigi yang tersambung. (Foto: Instagram/drgastridk/korbantukanggigi)Sisa makanan menempel di veneer gigi yang tersambung. (Foto: Instagram/drgastridk/korbantukanggigi)


2. Gusi berdarah

Ketika bakteri mudah berkembang biak akibat veneer yang berantakan bisa terjadi apa yang disebut peradangan gusi (gingivitis). Tanda-tandanya gusi tampak bengkak memerah dan mudah berdarah terutama saat disikat.

Masalah peradangan ini dapat berujung pada kondisi yang lebih serius yaitu infeksi gusi.

3. Luka

Dalam salah satu contoh kasus pemasangan veneer yang tidak profesional akun @korbantukanggigi di Instagram menyebut ada pasien datang dengan pendarahan gusi spontan. Setelah dicek selain karena penumpukan kotoran pada gusi ternyata tepi lapisan veneer yang dipasang juga terlalu tajam.

"Pasien wanita 22 tahun ini datang dengan kondisi perdarahan gusi spontan. Akibatnya adalah veneer yang ditempel terlalu menusuk ke celah gusi. Tepinya tajam," tulis akun tersebut.

4. Bau mulut

Apa yang terjadi bila kotoran dalam mulut tidak bisa dibersihkan sempurna akibat veneer berantakan? Dampaknya yang langsung bisa terjadi adalah bau mulut (halitosis). Selama sisa kotoran ini tidak dibersihkan seberapa sering kamu menyikat gigi atau kumur-kumur tidak akan membantu memperbaikinya.

5. Gigi berantakan

Karena pemasangan veneer yang sembarangan tidak jarang kalau hasil akhirnya malah membuat formasi gigi tampak berantakan. Dalam akun instagram @korbantukanggigi banyak berbagai contoh veneer yang melorot, menimbulkan gingsul, hingga sulit dipakai mengunyah karena bentuk yang tidak sesuai.

Veneer gigi yang gagal terpasang.Veneer gigi yang gagal terpasang. Foto: Instagram/korbantukanggigi



5 Dampak Bahaya Pemasangan Veneer Gigi yang Sembarangan
(fds/up)
Topik Hangat Tren Veneer Abal-abal
News Feed