Rabu, 27 Feb 2019 14:40 WIB

Meski Dipasang Permanen, Veneer Gigi Tetap Harus Dirawat

Firdaus Anwar - detikHealth
Veneer gigi perlu dibersihkan secara berkala. (Foto: Istock) Veneer gigi perlu dibersihkan secara berkala. (Foto: Istock)
Topik Hangat Tren Veneer Abal-abal
Jakarta - Veneer gigi adalah lapisan khusus yang di pasang dokter di permukaan gigi terbuat dari resin atau porselen. Biasanya veneer digunakan untuk menutupi kecacatan pada gigi membuat pemakainya bisa tampil lebih percaya diri.

Hanya saja saat ini semakin ramai para "tukang gigi" yang menawarkan jasa pasang veneer gigi abal-abal. Disebut demikian karena veneer dipasang tanpa betul-betul memperhatikan detail penting yang tidak boleh dilewatkan.



drg G.A.P Langgeng Sari dari RS Mayapada Jakarta mengatakan bahwa dokter yang profesional akan melihat apakah gigi membutuhkan perawatan lebih dulu sebelum dipasang veneer. Selain itu dijelaskan pula bahwa meski veneer gigi sifatnya permanen tapi tetap perlu dirawat.

"Perawatan khusus pasca veneer juga tidak semudah yang Anda kira, misalnya pembersihan karang gigi atau scalling setiap 3 hingga 6 bulan sekali tergantung derajat kebersihan mulut," ujar drg Sari kepada detikHealth dan ditulis Rabu (27/2/2019).

"Jangan tergoda untuk melakukan veneer gigi di tukang gigi. Karena melakukan perawatan gigi apapun, sangat besar kemungkinannya berujung penyesalan," lanjutnya.

Veneer gigi yang tidak dibuat dan dirawat dengan baik malah dapat menimbulkan masalah kesehatan. drg Sari memberi contoh misalnya mengganggu otot kunyah, wajah, leher, bahkan hingga bisa mengakibatkan migrain.

(fds/up)
Topik Hangat Tren Veneer Abal-abal
News Feed