Jumat, 22 Feb 2019 11:55 WIB

Musim Flu Bisa Bikin Angka Kematian Karena Gagal Ginjal Meningkat

Firdaus Anwar - detikHealth
Gagal ginjal meningkat di musim flu. Foto: Getty Images Gagal ginjal meningkat di musim flu. Foto: Getty Images
Jakarta - Di musim hujan di mana angka kejadian penyakit flu meningkat, tampaknya kasus-kasus kematian karena gagal ginjal juga ikut naik. Hal ini terlihat dalam studi terbaru yang dipublikasi dalam jurnal American Society of Nephrology.

Ilmuwan Dave Gilbertson dari Minneapolis Medical Research Foundation melihat data dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) sepanjang tahun 2003-2013. Ada pola di mana para pasien gagal ginjal yang menjalani cuci darah (dialisis) lebih banyak meninggal ketika kasus flu meningkat di musim dingin.


Spesifiknya peneliti menemukan setiap satu persen peningkatan kasus flu di musim gugur berkaitan dengan 1,5 persen peningkatan angka kematian pasien gagal ginjal. Sementara setiap satu persen peningkatan kasus flu di musim dingin berkaitan dengan dua persen peningkatan angka kematian pasien gagal ginjal.

Menurut Dave flu mungkin tidak menjadi penyebab langsung kematian pasien gagal ginjal, namun ikut berkontribusi memperburuk kondisi tubuh. Sebagai contoh flu dapat menginduksi peradangan akut yang bagi pasien ginjal dapat membuatnya rentan mengalami infeksi atau terkena sakit kardiovaskular.

"Rata-rata angka kematian pasien gagal ginjal yang bisa dikaitkan karena penyakit seperti flu cukup substansial, sekitar 1.100 kematian per tahun," tulis David seperti dikutip dari Jurnal, Jumat (22/2/2019).

Peneliti berkesimpulan untuk mencegah hal ini vaksin flu bisa diberikan untuk melindungi populasi yang rentan. Vaksin bisa untuk keluarga, pekerja medis, dan anggota masyarakat yang sering berhubungan langsung dengan pasien dengan sistem imun lemah.

(fds/up)
News Feed