Jumat, 22 Feb 2019 17:41 WIB

Anak Mabuk Pertalite Viral di Instagram, Apa Bahaya Menghirup Uap BBM?

Firdaus Anwar - detikHealth
Uap bahan bakar bensin seperti Pertalite dan Pertamax berbahaya untuk dihirup. (Foto ilustrasi: Dok. Pertamina) Uap bahan bakar bensin seperti Pertalite dan Pertamax berbahaya untuk dihirup. (Foto ilustrasi: Dok. Pertamina)
Jakarta - Sebuah video yang viral di Instagram menunjukkan seorang anak kecil sedang menghirup-hirup botol plastik berisi cairan berwarna kebiruan. Diduga cairan tersebut adalah bahan bakar bensin pertalite yang digunakan sang anak untuk mabuk.

"Ngrusak paru2 lu aj tong.. heran dah.. miris...," ujar salah satu warganet di Instagram yang mengomentari video.



Bensin sendiri tersusun atas campuran hidrokarbon organik yang mudah menguap dan dapat dengan mudah diserap tubuh. Ketika seseorang menghirupnya maka uap bensin akan mengalir dari paru-paru masuk ke dalam darah hingga berakhir di otak.

Dikutip dari ABC Australia, Ahli narkoba Professor Dennis Grey menyebut sesampainya di otak uap bensin akan menekan kerja sistem saraf mirip seperti efek alkohol. Dalam hitungan detik seseorang bisa mengalami euforia, rileks, pusing, disorientasi, agresif, hingga halusinasi.

Dalam jangka panjang ada kemungkinan untuk uap bensin yang beracun menimbulkan kerusakan pada otak, paru-paru, hati, dan ginjal.

Orang-orang yang mabuk bensin sekilas mungkin mirip mereka yang mabuk alkohol namun perilakunya bisa sedikit lebih aneh. Tidak menutup kemungkinan orang meninggal saat menghirup uap bensin akibat otak kekurangan oksigen.

Video bocah yang mabuk menghirup pertalite sendiri hingga Jumat (22/2/2019) sudah ditonton lebih dari 98 ribu kali.

(fds/up)