Sabtu, 23 Feb 2019 18:15 WIB

Pelaku Incest di Lampung Juga Setubuhi Kambing, Ini 5 Fakta Zoofilia

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Zoofilia bisa memicu persetubuhan manusia dengan binatang (Foto: iStock) Zoofilia bisa memicu persetubuhan manusia dengan binatang (Foto: iStock)
Jakarta - Tak cuma memperkosa kakak kandungnya yang mengidap disabilitas mental, pelaku incest di Lampung YF (15) disebut juga menyetubuhi hewan ternak. Kasat Reskrim Polres Tanggamus AKP Edi Qorinas menyebut YF pernah berhubungan dengan sapi dan kambing milik tetangga.

"Nanti mau kami periksakan juga ke psikolog, pemerhati, kenapa keluarga ini bisa seperti ini, kita mau urut ke belakang supaya hal-hal ini tidak terjadi lagi," kata Edi, dikutip dari detiknews, Sabtu (23/2/2019).

Perilaku bersetubuh dengan binatang dikenal dengan istilah beastility. Ada juga yang menyebutnya zoofilia, meskipun secara teknis agak sedikit berbeda. Yang pasti, termasuk dalam penyimpangan orientasi seks yang disebut parafilia.



Dikutip dari Health24, ada beberapa fakta menarik tentang perilaku bercinta dengan binatang. Berikut di antaranya.

1. Zoofilia vs beastility
Sama-sama melibatkan ketertarikan seksual pada binatang, beastility lebih merujuk pada perilakunya. Seseorang dengan kecenderungan zoofilia memiliki ketertarikan seksual pada binatang, dan jika melakukan hubungan seksual dengan binatang maka perilakunya disebut beastility.

2. Anjing paling banyak jadi korban
Di antara berbagai binatang yang menjadi objek beastility, anjing paling banyak disebut dalam sebuah penelitian. Urutan kedua ditempati oleh kuda. Binatang lain seperti ayam, keledai, serta kambing termasuk objek favorit pada zoofilia.



3. Faktor risiko kanker penis
Sebuah penelitian di Journal of Sexual Medicine menemukan prevalensi beastility sebesar 34 persen pada pria. Penelitian ini juga menyebut perilaku tersebut sebagai faktor risiko kanker penis.

4. Berapa banyak pengidapnya?
Tidak ada angka pasti soal ini. Peneliti seks Alfred Kinsey pada 1940 disebutkan membuat perkiraan 8 persen pria dan 3,6 persen wanita pernah bercinta dengan binatang. Sedangkan pada 1974, penelitian Morton M Hunt menyebut angkanya ada di 4,9 persen pada pria dan 1,9 persen pada wanita.

5. Ditemukan juga pada wanita
Beastility bukan hanya perilaku manusia menyetubuhi binatang, bisa juga sebaliknya tergantung preferensi. Itu sebabnya penyimpangan ini bisa juga ditemukan pada wanita.

(up/kna)
News Feed