Kamis, 14 Mar 2019 06:10 WIB

Tetap Sehat dan Cantik Saat Hamil Seperti Aura Kasih? Ini Rahasianya

Roshma Widiyani - detikHealth
Tips sehat lagi hamil, seperti Aura Kasih. Foto: Palevi S/detikFoto Tips sehat lagi hamil, seperti Aura Kasih. Foto: Palevi S/detikFoto
Jakarta - Aura Kasih kini memasuki usia kehamilan 5 bulan dan terlihat makin gendut. Dalam video yang diunggah 20detik, istri Eryck Amaral ini mengalami kenaikan badan hingga 6 kilogram.

[Gambas:Video 20detik]


"Aku nggak pernah takut gemuk karena buat sekarang yang penting anaknya. Buat jaga kehamilan, aku olahraga meski nggak terlalu berat dan makan sehat. Misal nggak konsumsi makanan kalengan yang mengandung bahan pengawet," kata Aura.

Menurut Aura, gendut sebetulnya lucu karena dia sendiri pernah punya berat badan hingga 67 kilogram. Aura mengatakan dia masih bisa olahraga untuk memperoleh berat badan ideal.

Selain olahraga dan makan sehat, ada tips lain supaya bisa tetap sehat dan cantik saat hamil. Berikut tipsnya dikutip dari Mother of Life.


1. Minum cukup air putih

Produksi air ketuban, kenaikan volume darah, dan mual bisa menyebabkan ibu hamil lekas mengalami dehidrasi. Ibu hamil sebaiknya menambah konsumsi air putih hingga 300 mililiter, dari jumlah asupan biasa sebanyak 2 liter per hari. Bagi ibu yang menyusui, tambahan konsumsi air putih sebaiknya mencapai 450 militer yang bisa ditambah irisan lemon.

2. Jaga kelembaban kulit

Untuk mengurangi risiko tanda bekas kehamilan di kulit, ibu hamil wajib selalu menjaga kelembaban kulit. Beberapa produsen kecantikan telah menyediakan pelembab khusus bagi ibu hamil, yang cenderung mudah kering. Pelembab ekstra memungkinkan kulit ibu hamil tetap sehat dan terlindung hingga hari kelahiran.



3. Kebutuhan nutrisi harian tercukupi

Seperti pesannya Aura Kasih, ibu hamil harus memastikan kebutuhan nutrisi hariannya tercukupi. Dampak kurang nutrisi bisa segera terlihat pada ibu hamil, misal rambut yang mudah rontok. Bila mendapati kondisi ini, ibu hamil sebaiknya segera memperbaiki pola makan dan ke dokter bila perlu.

4. Jangan lupa cuci muka

Ibu hamil jangan lupa cuci muka dengan sabun yang lebih lembut, atau produk khusus lainnya. Rajin cuci muka mencegah jerawat yang sering menjadi masalah ibu hamil. Selain itu, ibu hamil jangan terlalu sering mengosumsi gula olahan yang juga berisiko menyebabkan jerawat. Bila jerawat masih menganggu, sebaiknya segera ke dokter dan jangan ditekan atau dipecah sendiri. (up/up)