Rabu, 20 Mar 2019 17:54 WIB

Puasa Ayyaumul Bidh di Pertengahan Bulan Hijriah Ada Manfaat Sehatnya Lho!

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Berpuasa punya banyak manfaat kesehatan, mulai dari turunkan berat badan dan detoksifikasi usus. (Foto: iStock) Berpuasa punya banyak manfaat kesehatan, mulai dari turunkan berat badan dan detoksifikasi usus. (Foto: iStock)
Jakarta - Puasa putih atau puasa Ayyamul Bidh biasanya dilakukan oleh umat muslim di pertengahan bulan Hijriah. Tahun ini, puasa Ayyamul Bidh jatuh pada tanggal 20-21 Maret.

Puasa yang dilakukan selama tiga hari berturut-turut ini ternyata memiliki manfaat dari segi kesehatan lho, terutama untuk membersihkan atau detoksifikasi usus besar.

"Efeknya (puasa-red) pencernaan pun akan lebih lancar," kata pakar nutrisi, Rachel Olsen saat ditemui detikHealth beberapa waktu yang lalu.

Selai itu Rachel menambahkan dengan melakukan puasa selama tiga hari berturut-turut maka itu akan memicu proses pembakaran protein yang sudah hancur pada tubuh kita agar tidak terbuang sia-sia.



Manfaat lain dari rutin berpuasa juga memiliki dampak yang baik untuk jangka panjang, dari menjaga kestabilan berat badan sampai meningkatkan kualitas tidur.

Dalam beberapa penelitian juga menyebutkan bahwa puasa dapat meningkatkan perbaikan sensitivitas insulin yang memicu perbesaran otot dan menghindari kegemukan.

Nah, banyak kan manfaat dari puasa. Sebenarnya, nggak cuman umat muslim yang bisa rutin berpuasa, kamu yang beragama lain pun boleh kok!



(kna/up)
News Feed