Senin, 25 Mar 2019 10:37 WIB

6 Kondisi Ini Akan Kamu Alami Jika Malas Mencuci Tangan

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Cuci tangan sepertinya sepele tapi penting untuk kesehatan (Foto: Frieda Isyana Putri/detikcom) Cuci tangan sepertinya sepele tapi penting untuk kesehatan (Foto: Frieda Isyana Putri/detikcom)
Jakarta - Mencuci tangan adalah tindakan yang sangat sederhana tapi berkontribusi banyak untuk kesehatan lebih dari yang kamu pikirkan selama ini. Terdengar sepele memang, tetapi mencuci tangan dengan baik dan benar bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga tidak mudah terserang penyakit.

Kalau kamu sering terkena diare atau pilek, bisa saja penyebabnya karena malas mencuci tangan. Ada baiknya untuk melakukan kebiasaan itu secara rutin mulai dari sekarang ya.

Sebab, beberapa kondisi ini akan kamu alami jika malas mencuci tangan seperti dikutip detikHealth dari Riders Digest.



1. Gangguan pernapasan

Memang benar kata ibu, jika tak sering mencuci tangan tubuh akan mudah terserang penyakit. Selain akan terkena flu, risiko lain seperti pneumonia dan penyakit gangguan pernapasan lain akan timbul ketika tidak sering mencuci tangan. Mencuci tangan dengan baik akan mengurangi risiko pilek dan penyakit saluran pernapasan sampai 21 persen.

2. Diare

Diare dapat menyerang dengan mudah pada orang yang jarang mencuci tangan. Kebiasaan ini menjadi wajib dilakukan apalagi setelah buang air. Sebab, bakteri dan virus dari feses dapat menyebabkan penyakit terkait diare seperti salmonella, norovirus, bahkan E. coli.

3. Keracunan makanan

Selain sebelum dan setelah makan, saat memasak pun harus sering mencuci tangan. Sebab, jika makanan yang diolah seperti daging mentah atau telur bisa saja mengandung bakteri. Mencuci tangan penting untuk mencegah kontaminasi silang.



4. Menularkan penyakit ke orang lain

Ingat, tanganmu hampir menyentuh semua benda yang berada di sekitarmu sepanjang hari. Ini berarti jika kamu menyentuh kenop pintu setelah menyentuh hidung, mata atau bagian tubuh lain, maka orang yang akan memegang kenop akan berisiko 'mengabil' kumanmu, apalagi jika kamu sedang sakit.

5. Membahayakan orang dengan sistem imun yang lemah

Risiko tidak mencuci tangan adalah bisa terkena infeksi yang berbahaya dan juga berimbas ke orang lain terutama bayi, orang tua, dan mereka yang mengalami kondisi imun rendah. Dengan kata lain, dengan tidak mencuci tangan setelah pergi ke kamar mandi,kamu dapat membuat komplikasi besar bagi orang-orang di sekitar yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih lemah.

6. Berkontribusi pada resistensi antibiotik

Mencuci tangan adalah langkah paling penting untuk tidak tertular infeksi, jadi melakukannya secara teratur dapat mengurangi jumlah infeksi yang menyebar. Mencuci tangan juga dapat mencegah penyebaran penyakit yang sulit diobati dari kuman yang sudah kebal terhadap antibiotik.



Saksikan juga video 'Cuci Tangan Jangan Lupa Pakai Sabun':

[Gambas:Video 20detik]


6 Kondisi Ini Akan Kamu Alami Jika Malas Mencuci Tangan




(kna/up)