Minggu, 31 Mar 2019 14:07 WIB

Sering Sendawa Padahal Belum Makan? Waspada Asam Lambung Naik

Firdaus Anwar - detikHealth
Sendawa menandakan produksi gas berlebihan di saluran pencernaan (Foto: iStock) Sendawa menandakan produksi gas berlebihan di saluran pencernaan (Foto: iStock)
Jakarta - Serdawa atau sering disebut juga sendawa adalah pelepasan gas dari dalam perut keluar lewat kerongkongan. Hal ini biasanya terjadi ketika kita kenyang usai makan karena perut yang bekerja mencerna makanan akan menghasilkan gas.

Namun demikian kadang ada juga orang yang sering bersendawa meski perutnya kosong belum makan. Nah menurut ahli pencernaan dr Hendra Nurjadin, SpPD-KGEH, dari Rumah Sakit Pondok Indah (RSPI) hal tersebut harus diwaspadai karena bisa jadi gejala asam lambung naik atau Gastro Esophageal Reflux Disease (GERD).



"Sendawa itu normal, tapi kalau perut kosong laper lalu sendawa itu yang enggak boleh. Berarti asam lambung akan naik ke atas. Bahayanya terus setiap hari sendawa asam lambung naik, lima tahun ke atas jadi Barrett's esophagus," kata dr Hendra dalam diskusi media di Senayan City dan ditulis pada Sabtu (30/3/2019).

Barrett's esophagus adalah kondisi di mana dinding saluran kerongkongan luka akibat teriritasi oleh asam lambung. Bila dibiarkan ada kemungkinan terjadi perubahan sifat sel yang berisiko untuk menjadi kanker.

"Kalau ada perubahan sifat dan sebagainya arahnya jadi kanker. Jadi enggak boleh sendawa (perut kosong -red) itu," pungkasnya.

(fds/up)