Minggu, 31 Mar 2019 16:18 WIB

Hai Wanita! Ini 5 Tips Mencuci Bra yang Benar Biar Awet

Ayunda Septiani - detikHealth
Bra harus dirawat agar awet dan bisa menyangga dengan maksimal (Foto: ilustrasi/thinkstock) Bra harus dirawat agar awet dan bisa menyangga dengan maksimal (Foto: ilustrasi/thinkstock)
Jakarta - Kebersihan harus selalu dijaga, baik untuk tubuh maupun pakaian yang dipakai. Begitu pula bra yang melekat pada tubuh kita sehari-hari. Ini perlu dicuci secara teratur mengingat pemakaiannya yang benar-benar melekat dengan dada, punggung dan ketiak.

Bra bersentuhan langsung dengan kulit saat dikenakan sehingga menyerap keringat dan minyak tubuh, ini akan menciptakan aroma tersendiri. Kita perlu merawat bra karena berpengaruh dengan elastisitasnya.

Jika bra sudah kendur dan talinya sudah tidak pas lagi, tentu akan menjadi tidak nyaman. Dikutip dari Cosmopolitan, 5 tips mencuci bra yang benar.



1. Pasang semua pengait

Mencuci bra memang sebaiknya cukup menggunakan tangan saja, tapi mengingat banyak perempuan di kota besar yang memiliki sedikit waktu untuk hal ini, jadi tidak ada salahnya mencuci pakai mesin.

Agar aman, pasangkan semua pengait tali bra agar tidak membelit cucian lain di dalam mesin cuci. Jadi bra tidak akan tersangkut ke pakaian lainnya.

2. Letakkan bra ke dalam kantong cuci bra

Masukkan bra ke dalam kantong cuci bra. Perlengkapan ini berupa wadah berpenutup dan berbahan jaring untuk membantu menjaga bentuk kap bra.

Jika kamu mencuci lebih dari satu bra, tumpuk bra sesuai bentuknya untuk menghemat ruang di dalam kantong cuci bra dan mencegah kap menjadi penyok atau berubah bentuk.

Akan lebih baik kalau kamu memakai deterjen cair. Jadi deterjen mudah menyatu dengan air yang sudah terkumpul di dalam mesin cuci dan bisa lebih cepat bersih saat dibilas.



3. Nyalakan mesin cuci perlahan

Jalankan mesin cuci pada siklus cuci handwash atau delicate (biasanya bertanda gambar baju bayi) dengan menggunakan air bersuhu biasa.

Tidak perlu terlalu lama, cukup putar mesin dengan durasi maksimal 5 menit. Bilas hingga benar-benar bersih.

4. Jangan keringkan dengan mesin

Jika sudah menggiling bra di dalam mesin, angkat setelah mesin mati. Jangan mengeringkannya dengan mesin pengering karena ini bisa merusak bra atau pakaian dalam lainnya.

5. Peras bra perlahan

Bra cukup diperas secara perlahan. Jika ada busanya, peras busa menggunakan tangan tanpa diputar atau dipelintir.

Tidak perlu memeras terlalu keras, ini bisa merusak bra. Jika sudah tidak terlalu menetes air cuciannya, kamu bisa jemur dalam keadaan menggantungkannya pada hanger.

(up/up)