Senin, 01 Apr 2019 10:45 WIB

Viral Poliandri Ayu, Mengapa Ada Orang yang Punya Pasangan Lebih dari Satu?

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Ada alasan psikologis kenapa beberapa orang punya lebih dari satu pasangan (Foto: Thinkstock) Ada alasan psikologis kenapa beberapa orang punya lebih dari satu pasangan (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Tersiar kabar menghebohkan mengenai poliandri yang dilakukan seorang wanita bernama Ayu. Yang bikin ramai, I Gede Arya Sudarsana yang merupakan suami kedua Ayu tak menyangka wanita yang dia kenal di rukonya kawasan Gilimanuk, Jembrana, ternyata wanita beranak tiga. Padahal Ayu mengaku single dan sedang menyelesaikan kuliah S2 kedokteran.

Kasus poligami ataupun poliandri masih jadi isu yang kontroversial -- kadang pacaran juga bisa lebih dari satu orang. Sebenarnya mengapa sih orang bisa memiliki pasangan lebih dari satu?

Dr Justin Lehmille, dikutip dari Luvze, menjelaskan harapan di sebagian besar budaya dan masyarakat adalah individu hanya terlibat secara romantis dengan satu orang saja. Ini juga berasal dari fakta bahwa perkawinan yang secara universal didefinisikan sebagai persatuan dua orang serta dipercaya sebagai keadaan hubungan yang ideal dan harus diperjuangkan bersama.



"Bagi mereka yang terlibat dengan banyak pasangan secara bersamaan, mengapa mereka melakukannya? Mungkin ada sejumlah alasan. Beberapa mungkin melakukannya karena mereka tidak siap untuk berkomitmen pada satu orang, sementara beberapa hanya tidak yakin apa yang mereka cari," tulis Dr Lehmille.

Orang lain mungkin didorong oleh narsisme, dorongan seksual, atau kebutuhan untuk validasi. Ada juga beberapa individu yang memang merasa mereka dapat mencintai banyak orang pada saat yang sama atau sebuah praktik yang dikenal sebagai polyamory.

Meski begitu, ini hanyalah sebuah kemungkinan karena bagi satu orang ke orang lainnya mungkin memiliki alasan yang berbeda.

(ask/up)