Selasa, 02 Apr 2019 11:45 WIB

Harga Minyak Kutus-kutus Asli Rp 230 Ribu, Selain Itu Palsu!

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Pabrik minyak kutus-kutus di Gianyar, Bali (Foto: Khadijah Nur Azizah/detikHealth) Pabrik minyak kutus-kutus di Gianyar, Bali (Foto: Khadijah Nur Azizah/detikHealth)
Jakarta - Ada banyak pertanyaan soal minyak kutus-kutus, minyak terapi dari Bali yang sedang ngehits. Mulai dari berapa harga sebenarnya hingga ciri-ciri produk asli.

Soal harga, harus diakui memang agak membingungkan. Di internet, minyak kutus-kutus dijual dengan harga sangat beragam mulai dari Rp 100 ribu hingga Rp 300 ribu. Menurut pemilik PT Tamba Waras yang memproduksi minyak kutus-kutus, Servasius Bambang Pranoto, urusan harga ternyata berkaitan erat dengan keaslian.

"Standar saya antara palsu dan tidak, kalau harganya tidak Rp 230.000 itu pasti palsu dan lebih murah," ujarnya saat dijumpai detikHealth di Kabupaten Gianyar, Bali, belum lama ini.


Servasius Bambang Pranoto, sosok di balik fenomena minyak kutus-kutus Servasius Bambang Pranoto, sosok pemilik pabrik di balik fenomena minyak kutus-kutus Foto: Khadijah Nur Azizah/detikHealth


Pranoto mengakui, produk asli dan palsu memang sulit dibedakan. Karenanya, ia mengimbau untuk selalu berhati-hati agar tidak termakan iming-iming harga murah dari penjual yang menawarkan barang palsu.

"Saya kan menjual kutus-kutus ini untuk meningkatkan harkat dan martabat ibu-ibu (reseller-red), terus dia menodai dengan jual lebih murah itu gimana?," tambahnya.

Selain itu, menurutnya, ciri khas barang palsu selalu meniru. Bisa saja nama produk mungkin tidak sama tapi beberapa karakterisitik dari produk asli dijiplak.

Minyak kutus-kutus hanyalah satu dari berbagai macam minyak 'sakti' dalam keseharian orang Indonesia. Ada berbagai ramuan minyak terapi untuk penyembuhan tradisional, mulai dari minyak telon, kayu putih, hingga minyak gandapura. Masing-masing punya kegunaan dan kelebihan sesuai tujuan terapinya.

(kna/up)