Sabtu, 06 Apr 2019 16:05 WIB

Jaga Lingkungan, Hamish dan Raisa Bikin Sedotan dari Bambu

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Hamish Daud. Foto: Frieda Isyana Putri/detikHealth Hamish Daud. Foto: Frieda Isyana Putri/detikHealth
Jakarta - Komitmen Hamish Daud dalam menjaga dan melindungi lingkungan patut diacungi jempol. Suami dari penyanyi Raisa Andriana dan ayah dari Zalina Raine Wyllie ini memulainya dari hal-hal kecil di rumah mereka sendiri, seperti membuat sedotan dari bambu.

"Saya bikin (sedotan) dari bambu, saya bikin dari pepaya, saya bikin dari pasta. Itu seru, it's fun. Di rumah kita juga nggak pakai plastik, kita juga bikin dari kain-kain yang ada. Ada temen bikin baju, itu trendi juga. Pokoknya di rumah kita full of tas-tas yang bisa dipakai ulang," kata Hamish saat ditemui dalam acara Press Conference WASI 'Upaya Pemecahan 3 Rekor Guinness World of Records' di JCC Senayan, Sabtu (6/4/2019).


Hamish kerap terlihat mengampanyekan soal pengurangan sampah plastik, terutama melalui lembaganya bernama Indonesia Ocean Pride. Ia berharap dengan gerakannya ini dapat menyambungkan kembali kecintaan masyarakat Indonesia kepada laut karena Indonesia adalah negara maritim.

Isu sampah plastik di laut disebutnya sudah menarik perhatian secara global di luar negeri. Ia bersyukur kini kepedulian masyarakat semakin meningkat, soal tidak sembarangan membuang sampah, tidak menggunakan plastik sekali pakai, atau membawa sedotan sendiri.

"I think, satu orang nggak bisa making a change, tapi kalau kita semua melakukan perubahan mungkin jangan pakai single use plastics, pakai reusable straws, matiin listrik kalau nggak dipakai. (Mulai dari) small things, semua perubahan kecil itu ngebantu," tutup pria berusia 39 tahun ini.

(frp/fds)
News Feed