Minggu, 07 Apr 2019 18:00 WIB

Waspadai 'Weight Regain', Fenomena BB Naik Lagi Setelah Diet Berhasil

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Weight Regain. Foto: ilustrasi/thinkstock Weight Regain. Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Rupanya banyak yang mengalami berat badan naik lagi setelah sebelumnya sukses berdiet. Dokter menyebutnya sebagai fenomena 'weight regain' dan ternyata memang umum ditemui.

Salah satunya dialami oleh seorang pembaca detikHealth, Cakra VJ. Dalam pertanyaan yang ia sampaikan di live comment bersama dr Medha Satrarengga, ia menyebut 2 kali sukses berdiet, tapi 2 kali juga berat badannya kembali seperti semula.

"Pertanyaan saya apa yang bikin kita tidak bs konsisten Dok? Apa ada kejenuhan hormon atau apalah dalam diri saya sehingga ketika melakukan diet susah dan tidak konsisten," tanyanya.


Menurut dr Medha, masalah seperti ini cukup sering ditemui. Lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) yang mendalami ilmu endokrinologi di University of Maryland dan sekarang bekerja di New York City ini, fenomena tersebut dikenal dengan istilah 'weight regain'.

"Istilahnya di sini adalah "weight regain". Ini bahkan dapat terjadi di pasien yang operasi bariatrik (potong usus) untuk menurukan berat badan," jelas dr Medha.

Penyebab pastinya tidak diketahui persis. Namun dr Medha menyarankan, apabila berat badan sudah mencapai titik terendah maka sebaiknya dijaga dengan meningkatkan olahraga habis-habisan.

(up/ask)
News Feed