Senin, 08 Apr 2019 17:00 WIB

Termasuk Tangani Caleg Stres, RSJ Siap Layani Masalah Gangguan Jiwa

Rosmha Widiyani - detikHealth
RSJ Soeharto Heerdjan (Foto: Rifkianto Nugroho) RSJ Soeharto Heerdjan (Foto: Rifkianto Nugroho)
Topik Hangat Awas, Caleg Stres!
Jakarta - Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Soeharto Heerdjan siap menerima calon anggota legislatif (caleg) yang stres akibat gagal terpilih. Hal tersebut merupakan bagian dari pelayanan kesehatan jiwa rumah sakit tersebut.

"Namanya rumah sakit jiwa, ya bisa menangani segala jenis masalah dan gangguan kejiwaan. Termasuk caleg yang tidak terpilih," kata psikiater dr Nova Riyanti Yusuf SpKJ dari rumah sakit yang berlokasi di Grogol, Jakarta Barat tersebut pada detikHealth, Jumat (5/4/2019).



Dokter jiwa yang kerap disapa Noriyu tersebut mengatakan, RSJ Soeharto Heerdjan tak melakukan persiapan khusus mengantisipasi kedatangan pasien caleg. Rumah sakit juga tidak menyediakan bangsal khusus bagi para pasien tersebut.

Noriyu mengatakan, semuanya berlangsung layaknya urusan RSJ setiap hari atau business as usual. Sebagai rumah sakit untuk kesehatan jiwa tentu siap membantu penanganan masalah kesehatan jiwa, termasuk caleg yang gagal terpilih.

Menurut Noriyu, pada prinsipnya semua rumah sakit jiwa mampu menangani berbagai jenis gangguan jiwa. Tentunya, penanganan tidak harus memerlukan bangsal atau lokasi khusus.

(up/up)
Topik Hangat Awas, Caleg Stres!