Jumat, 12 Apr 2019 15:06 WIB

Nekat Terobos Hujan? Lakukan Ini Biar Nggak Jadi Sakit

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Cara mencegah sakit usai hujan-hujanan. Foto: shutterstock Cara mencegah sakit usai hujan-hujanan. Foto: shutterstock
Jakarta - Menunggu hujan yang tiada habisnya kadang membuat kamu jadi nggak sabaran dan nekat untuk langsung menerobos hujan. Kalau memang sudah terlanjur basah, jangan lupa untuk melakukan hal-hal berikut ini sesudahnya biar kamu nggak jatuh sakit.

Dikutip dari Only My Health, berikut ini beberapa hal yang mesti kamu perhatikan setelah kehujanan.

1. Langsung lepas baju basahmu dan cuci kaki

Lepaskan pakaian basah agar hawa dingin tidak membuat kamu jadi batuk. Lepas semua pakaian, termasuk kaus kaki dan pakaian dalam. Kemudian, rendam kaki dalam air panas untuk menyingkirkan semua kuman yang terkumpul dari genangan air dan jalan berlumpur.

Setelah selesai membersihkan kaki, mandi air panas, yang merupakan cara terbaik untuk membersihkan kuman yang bersembunyi dari tubuh. Pastikan untuk menggunakan sabun antiseptik.

2. Keringkan rambut

Kalau rambutmu basah, pastikan kamu mengeringkannya dengan baik agar terhindari dari kemungkinan masuk angin. Untuk mengeringkan rambut dengan cepat, gunakan hair dryer.

Oh iya, air hujan bisa saja membuat kulitmu kering maka oleskan pelembab untuk melembabkan kulit dan mencegah gatal atau infeksi.


3. Konsumsi makanan tinggi vitamin C

Banyak ahli percaya bahwa vitamin C sebagai metode pencegahan flu. Apabila kamu mengonsumsi dosis yang sehat secara teratur, kamu lebih dapat menangkal gejala pilek dan flu yang mungkin menghampiri usai kehujanan.

4. Banyak minum air putih

Dengan menghidrasi tubuh, air bisa membantu mencegah virus flu dan demam. Tidak perlu 8 gelas per hari, yang penting adalah menangkap sinyal haus dengan segera menenggak segelas air.



Nekat Terobos Hujan? Lakukan Ini Biar Nggak Jadi Sakit
(ask/up)