Senin, 15 Apr 2019 12:17 WIB

Saran Dokter Kulit Jika Ingin Mewarnai Tubuh ala Manusia Silver

Rosmha Widiyani - detikHealth
Kalau nggak cocok dengan kulit, cat sablon bisa memicu alergi lho (Foto: Rosmha/detikHealth) Kalau nggak cocok dengan kulit, cat sablon bisa memicu alergi lho (Foto: Rosmha/detikHealth)
Jakarta - Seharian ngamen di jalanan, manusia silver melumuri tubuhnya dengan cat sablon. Dokter kulit lebih menyarankan untuk memakai cat khusus yang lebih ramah untuk kulit manusia.

Berbagai produk cat pewarna kulit kini sebenarnya mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Produk dengan aneka kandungan kimia tersebut punya keunggulan masing-masing, misal tahan air dan tak mudah luntur.

Terlepas dari pilihan masyarakat, dokter spesialis kulit dan kelamin dr Fitria Amalia Umar SpKK, Mkes mengingatkan memilih produk yang aman bagi kulit. Kandungan cat juga tidak boleh memancing reaksi alergi yang bisa dicoba di balik tangan terlebih dulu.

"Selain produk aman, pastikan juga kulit dalam kondisi sehat saat akan pakai cat atau pewarna lain. Jika ada luka atau kulit dalam kondisi tidak sehat sebaiknya jangan pakai cat dulu," kata dr Fitria pada detikHealth, Senin (15/4/2019).



Bagi yang ingin pakai cat pewarna tubuh berikut tips lain dari dr Fitria supaya kulit tetap sehat.

1. Gunakan pelembab

Pelembab wajib digunakan sebelum dan setelah menggunakan cat pewarna tubuh. Pelembab tubuh bisa menggunakan produk hand and body lotion yang mudah diperoleh dan tidak terlalu mahal.



2. Jangan gunakan cat saat kulit kering

Kulit kering cenderung lebih mudah terkena reaksi alergi atau dampak jangka panjang akibat penggunaan cat tubuh. Kondisi kering ditandai kulit yang seperti retak dan terlihat tidak sehat. Berbagai zat kimia berbahaya lebih mudah masuk ke dalam kulit yang seperti retak akibat terlalu kering.

3. Jangan lupa dibersihkan

Setelah beraksi, lumuran cat di seluruh tubuh harus dibersihkan tanpa sisa. Untuk cat yang mengandung bahan waterproof, dr Fitria menyarankan penggunaan pembersih seperti make up remover yang mengandung minyak. Pembersih ini lebih mudah membersihkan cat tubuh dan tidak berdampak buruk bagi kesehatan kulit. Sedangkan untuk cat yang tidak waterproof bisa menggunakan produk pembersih dengan bahan dasar air.



Simak Juga 'Tips Rawat Kulit Wajah Sebelum Tidur':

[Gambas:Video 20detik]

Saran Dokter Kulit Jika Ingin Mewarnai Tubuh ala Manusia Silver
(up/up)
News Feed