Selasa, 16 Apr 2019 09:09 WIB

Nyoblos di Rumah Sakit? Pastikan Bawa KTP dan Formulir A5

Rosmha Widiyani - detikHealth
Tak perlu khawatir, pasien di rumah sakit tetap bisa nyoblos (Foto: Pradita Utama) Tak perlu khawatir, pasien di rumah sakit tetap bisa nyoblos (Foto: Pradita Utama)
Topik Hangat Nyoblos di Rumah Sakit
Jakarta - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menjamin pasien, keluarga, dan pegawai tetap bisa nyoblos saat Pemilihan Umum (Pemilu). Sebagai syarat, pemilih yang hendak nyoblos perlu menyiapkan KTP dan formulir A5.

"Untuk pasien yang dirawat di rumah sakit sesuai KTP maka bisa langsung nyoblos. Namun untuk pasien yang dirawat di rumah sakit berbeda dengan KTP asal, maka wajib membawa KTP dan formulir A5. Untuk pegawai rumah sakit harus membawa KTP dan A5 bagi yang asal dan tempat kerjanya berbeda," kata Sekretaris Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan Kemenkes Agus Hadian Rahim pada detikHealth, Senin (15/4/2019).



Agus mengatakan, rumah sakit sebelumnya akan melakukan pendataan jumlah pemilih terlebih dulu. Data ini kemudian dikirimkan pada KPU dan kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS). Pendataan menjamin semua pemilih di rumah sakit bisa memberikan suara sesuai prinsip langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil (luber dan jurdil).

Terkait jam operasional Tempat Pemungutan Suara (TPS), Agus mengatakan bergantung pada kebijakan tiap rumah sakit. Pembukaan TPS di rumah sakit biasanya tidak jauh beda dengan yang terdapat di lingkungan umum. Pemungutan suara biasanya mulai berlangsung pukul 09.00 hingga selesai.

Agus yakin pemungutan suara di Pemilu 2019 bisa berjalan baik dan lancar seperti tahun 2014. Seluruh pemilih bisa nyoblos sesuai pilihannya sendiri tanpa paksaan.





5 Surat Suara di Pemilu 2019, Yuk Kenali Warna dan Cirinya:

[Gambas:Video 20detik]


Nyoblos di Rumah Sakit? Pastikan Bawa KTP dan Formulir A5
(up/up)
Topik Hangat Nyoblos di Rumah Sakit
News Feed