Kamis, 18 Apr 2019 16:08 WIB

Demi Tugas Mulia Jaga TPS: Pulang Pagi, Lupa Makan, Sampai Masuk Angin

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Penghitungan suara di salah satu TPS (Foto: Ristu Hanafi/detikcom) Penghitungan suara di salah satu TPS (Foto: Ristu Hanafi/detikcom)
Topik Hangat Begadang Jaga TPS
Jakarta - Agus Sutono (57) yang menjadi petugas TPS di Batam membagikan kisahnya yang harus bangun super pagi dan balik pada pagi hari juga. Perutnya bahkan sempat kembung dan hanya bisa colong-colong tidur 2-3 jam di lokasi.

"Makannya telat. Mulai (jaga TPS --red) jam 6 pagi sampai jam 4 pagi. Temen-temen makan, saya masih males makan nanti aja. Eh lama lama lama, ditinggal," kata Agus.

Karena kesibukan yang menyita waktu, Agus sampai masuk angin dan perutnya kembung. Beruntung ada teman nongkrongnya yang ada di sekitar TPS yang memberinya minyak kayu putih. Setelah pulang ke rumah, Agus pun beristirahat. Kini ia sudah merasa sehat kembali.


Demi Tugas Mulia Jaga TPS: Pulang Pagi, Lupa Makan, Sampai Masuk AnginFoto: dok. detikcom


Lain lagi kisah Echo (49) asal DKI Jakarta yang curhat soal sulitnya melipat kertas suara terutama kertas suara DPR dan DPRD yang cukup lebar.

"Sebenernya untuk proses penghitungannya cepet, cuma karena DPRD provinsi gambarnya banyak, ngelipetannya lagi susah. Penghitungannya aja itu ada yang diulang," kisahnya kepada detikHealth.

"Sekali (mengulang penghitungannya --red) karena keselip aja, kan orang tua lipetan kan lama tuh, kadang kelipet kebalik, kita benerin lagi," lanjut Echo.

Hitung ulang surat suara di Madiun.Hitung ulang surat suara di Madiun. Foto: Sugeng Harianto


Belum lagi jam 12 ke atas ia harus menunggu daftar pemilih khusus yang rata-rata bekerja di rumah sakit dekat lokasi TPS. Mulai dari suster dan dokter berbondong datang pada jam-jam di mana perut mulai bergetar keroncongan. Ditambah, ia mesti melakukan kunjungan ke rumah pemilih yang tidak memungkinkan kondisinya untuk pergi ke TPS.

"Ada yang udah sakit kita 'jemput bola' ke rumahnya (pemilih --red), kan ada tetangga yang udah sakit stroke tuh," tutupnya.

(ask/up)
Topik Hangat Begadang Jaga TPS
News Feed