Kamis, 25 Apr 2019 11:26 WIB

Alhamdulillah, Vaksin BCG Bio Farma Dapat Sertifikat Halal MUI

Rosmha Widiyani - detikHealth
Vaksin BCG telah mendapat sertifikat halal MUI (Foto: iStock) Vaksin BCG telah mendapat sertifikat halal MUI (Foto: iStock)
Jakarta - Masyarakat Indonesia akhirnya bisa benapas lega terkait kehalalan vaksin. Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah menegaskan status kehalalan vaksin BCG (Bacillus Calmette-Guerin).

"Status halal vaksin BCG telah ditetapkan MUI pada 18 April 2019. Penetapan fatwa dilakukan melalui rapat dan pembahasan tentang vaksin produksi PT Biofarma tersebut," kata Sekretaris Komisi Fatwa MUI Asrorun Ni'am Sholeh dalam pesan singkat kepada detikHealth, Kamis (25/4/2019).



Asrorun mengatakan, hingga kini PT Biofarma baru mengajukan satu produk untuk mendapatkan sertifikasi halal. Sedangkan dari luar negeri sudah ada beberapa produk vaksin yang ingin memperoleh status halal. Yaitu vaksin meningitis produksi Eropa dan China serta influenza.

BCG adalah singkatan dari Bacille Calmette-Guerin (BCG) yang merupakan vaksin untuk tuberkulosis (TBC). Vaksin dibuat dari baksil Mycobacterium bovis yang telah dilemahkan. Vaksin BCG mampu mencegah penyakit selama 15 tahun dengan tingkat efektivitas 80 persen.

Vaksin hingga kini masih menjadi bentuk pencegahan penyakit yang paling efektif. Meski cakupannya terus meningkat, vaksin masih menghadapi dari berbagai kelompok antivaksin. Salah satu alasannya adalah mempertanyakan status halal vaksin.



Tonton juga video Cegah Kanker Serviks Mulai dari Sekarang!:

[Gambas:Video 20detik]


Alhamdulillah, Vaksin BCG Bio Farma Dapat Sertifikat Halal MUI
(up/up)