Senin, 29 Apr 2019 17:17 WIB

Bagi Pasien GERD, Bikin Food List Bisa Permudah Puasa Lho

Widiya Wiyanti - detikHealth
Tips mencegah mag dan GERD kambuh saat berpuasa. Foto: shutterstock
Jakarta - Menjelang puasa, pasien mag atau GERD (gastroesophageal reflux disease) pasti bimbang untuk memutuskan ikut berpuasa atau tidak. Telat makan sedikit saja, perut langsung melilit.

Nah bagaimana menyiasatinya agar tetap bisa berpuasa dengan lancar dan GERD tidak kambuh? Dokter spesialis gizi klinis dari RS Pondok Indah dr Juwalita Surapsari, MGizi, SpGK menyarankan untuk tidak makan makanan tinggi lemak.

"Mag atau GERD secara umum harus menghindari makanan yang ketika dia makan akan tinggal lama di lambung dan bikin begah, contohnya makanan yang tinggi lemak. Jadi diusahakan makan makanan yang tidak tinggi lemak," ujarnya saat ditemui di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Senin (29/4/2019).



Selain itu, dr Juwalita juga menyarankan untuk pasien GERD membuat daftar makanan atau food list yang tidak menyebabkan masalah pada lambungnya dengan sistem try and error.

Sebelum puasa, pasien GERD bisa mencoba beberapa makanan baru. Jika makanan yang dikonsumsi membuat masalah pada lambungnya, sebaiknya tidak dikonsumsi lagi saat puasa nanti. Namun jika tidak membuat masalah, makanan tersebut bisa masuk ke dalam food list-nya. Ini disarankan oleh dr Juwalita karena pada dasarnya setiap orang berbeda-beda.

"Yang paling sering keluhan kalau buah itu apel, pisang beberapa, nanas, tomat, brokoli, tapi ini semua tetap diperlakukan individual setiap orang. Jangan sampai bingung," imbuhnya.

Pasien GERD juga disarankan untuk tidak langsung makan besar ketika berbuka puasa ataupun saat sahur. dr Juwalita mengatakan pasien GERD sebaiknya memulai makan dengan porsi kecil agar lambung lebih mudah beradaptasi dengan makanan.

(wdw/up)