Rabu, 01 Mei 2019 14:25 WIB

Studi: Menginjak Usia 27 Tahun, Kesehatan Mulai Menurun

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Usiamu sudah 27 tahun? Hati-hati risiko kesehatan menurun. Foto: shutterstock Usiamu sudah 27 tahun? Hati-hati risiko kesehatan menurun. Foto: shutterstock
Jakarta - Menjamurnya kegiatan berolahraga dan segala macam bentuk diet mungkin akan membuat kita berpikir bahwa kesadaran dan upaya hidup sehat semakin besar, terutama pada kalangan milenial.

Akan tetapi, sebuah studi terbaru mengungkapkan para milenial sesungguhnya tidak lebih sehat dari generasi X yang berada sebelum mereka. Dan penurunan kesehatan tersebut dimulai dari usia yang sangat muda, yakni usia 27 tahun.

Para peneliti dari Blue Cross Blue Shield Association menganalisis data dari klaim asuransi kesehatan bagi 55 juta milenial di Amerika Serikat. Milenial tersebut berada pada rentang usia 21 hingga 36 tahun pada tahun 2017 studi ini dilakukan.


Berdasarkan indeks kesehatan optimal 100 dari perusahaan asuransi, studi ini menemukan bahwa skor rata-rata untuk milenial adalah sekitar 95. Secara keseluruhan, kesehatan milenial mulai menurun di usia 27, lebih awal dari perkiraan

Mereka juga menemukan bahwa milenial yang lebih tua (usia 34-36) memiliki tingkatan tinggi pada 10 masalah kesehatan tertinggi daripada generasi X ketika mereka berada di usia yang sama. Masalah kesehatan seperti depresi, diabetes, tekanan darah tinggi dan penggunaan obat-obatan terlarang.

Mengapa hal ini bisa terjadi? Studi tersebut menyatakan masalahnya terletak pada upaya pencegahan, karena kondisi ini diperburuk dengan obesitas yang bisa menyebabkan masalah kesehatan jangka panjang, seperi hipertensi dan diabetes.


"Contohnya, banyak milenial yang tak selalu berpikir mereka perlu rutin mengecek tekanan darah, namun hal itu bisa memberikan dampak yang berbeda pada kesehatan dan perilaku mereka," jelas Dr Vincent Nelson, wakil presiden dari Blue Cross Blue Shield Association, dikutip dari Health Line.

Ia menyebut studi ini penting karena bisa mengidentifikasi masalah dan masih ada waktu untuk mengatasinya. Nelson menyarankan bagi para milenial untuk lebih proaktif, misalnya skrining untuk hipertensi, diabetes dan kadar kolesterol.

"Dalam beberapa kasus, semuanya kembali pada menjaga berat tubuh ideal. Lebih aktif secara fisik, jangan merokok. Jika kamu merasa depresi, kewalahan, mintalah bantuan. Berbicaralah dengan teman, keluarga, atau ke dokter. Kami tahu bahwa perubahan sikap dapat membuat perbedaan besar. Dan tak butuh lama untuk mendapatkan manfaat kesehatannya," tandas Nelson.



Studi: Menginjak Usia 27 Tahun, Kesehatan Mulai Menurun
(frp/fds)
News Feed