Kamis, 09 Mei 2019 08:10 WIB

Ini Saran Dokter Pilih Jenis Lipstik Agar Bibir Tidak Kering

Widiya Wiyanti - detikHealth
Sebelum memakai lipstik saat puasa, disarankan pakai lipbalm dulu untuk menjaga kelembapan bibir. (Foto: iStock) Sebelum memakai lipstik saat puasa, disarankan pakai lipbalm dulu untuk menjaga kelembapan bibir. (Foto: iStock)
Jakarta - Bibir kering dan pecah-pecah saat berpuasa hal yang biasa terjadi karena kurangnya asupan air. Penggunaan lipstik pada wanita pun memengaruhi kondisi bibir selama berpuasa.

dr Karin Wiradarma dari Klinik Estetika Ambrosia pun menyarankan untuk tidak memilih lipstik dengan jenis matte karena membuat bibir cenderung kering dan kehilangan kelembapannya.

"Sebaiknya kalau sekarang bulan puasa dihindari dulu lipstik matte. Sekarang jaman lagi tuh lipstik yang glossy, nah itu pakai itu dulu," katanya kepada detikHealth saat ditemui di kliniknya di Kalibata, Jakarta Selatan.


Selain itu, dr Karin menyarankan untuk menggunakan lipbalm terlebih dahulu sebagai dasar sebelum menggunakan lipstick. Lipbalm diketahui bisa membuat bibir tetap lembab dan tidak kering.

"Pakai lipbalm jangan lupa, sering-sering bawa lipbalm di dalam tas kalau dikit-dikit kering cepat pakai lipbalm," lanjutnya.

Untuk perawatan agar bibir tidak kering dan pecah-pecah, dr Karin merekomendasikan menggunakan lip scrub sebagai eksfoliator. Lip scrub yang alami bisa menggunakan gula yang ditambah dengan minyak untuk melembabkan.

"Jangan (pakai pasta gigi), kalau pakai pasta gigi itu bahannya cenderung lebih iritatif," tandasnya.




Tonton juga video Kamu Boleh Gak Puasa Ramadhan Ini, Asalkan...:

[Gambas:Video 20detik]


Ini Saran Dokter Pilih Jenis Lipstik Agar Bibir Tidak Kering
(wdw/up)
News Feed