Jumat, 10 Mei 2019 08:03 WIB

Tren Air Nabeez atau Infused Water Kurma Saat Ramadhan

Widiya Wiyanti - detikHealth
Buah kurma dan air nabeez bisa jadi menu andalan untuk berbuka puasa. (Foto: ilustrasi/thinkstock) Buah kurma dan air nabeez bisa jadi menu andalan untuk berbuka puasa. (Foto: ilustrasi/thinkstock)
Jakarta - Kurma menjadi buah favorit pada saat Bulan Ramadhan seperti ini. Selain kurma, air rendamannya atau disebut air nabeez juga menjadi suatu tren setiap memasuki bulan puasa.

Air nabeez tak ubahnya seperti infused water pada umumnya. Bukan hanya menggunakan kurma, menggunakan kismis pun bisa. Air nabeez ini merupakan minuman kegemaran Nabi Muhammad SAW yang disebut-sebut berkhasiat.

Untuk membuat air nabeez ini hanya membutuhkan kurma atau kismis dan segelas air matang. Beberapa butir kurma yang biasanya disarankan berjumlah ganjil dimasukkan ke dalam wadah tertutup dan ditambah dengan air.

Rendam kurma atau kismis selama sekitar 8-12 jam. Biasanya air nabeez ini dibuat pada malam hari sehingga direndam semalaman. Pada bulan puasa, cocok diminum saat sahur untuk penambah energi selama seharian berpuasa.


Menurut studi dalam Journal Of Medicine & Health Sciences Kolej University Insaniah, air nabeez dapat membantu menyembuhkan tingkat keasaman lambung yang tinggi. Bukan hanya itu, manfaat lain cenderung menghilangkan sisa metabolisme tubuh, meningkatkan kerja sistem pencernaan karena mengandung serat yang cukup tinggi.

Manfaat lainnya yaitu membantu pasien arthritis dan pasien asam urat (gout) karena air nabeez memengaruhi kadar asam urat seseorang.

Nah, detikers ada yang pernah mencoba air nabeez? Tulis pengalamanmu mengonsumsi air nabeez di kolom komentar ya!




Tonton juga video Bumil Jangan 'Gangguin' yang Puasa ya!:

[Gambas:Video 20detik]


Tren Air Nabeez atau Infused Water Kurma Saat Ramadhan
(wdw/up)