Jumat, 10 Mei 2019 16:53 WIB

Sebut Vaksin Sihir, Politikus Ini Picu Perdebatan Viral

Firdaus Anwar - detikHealth
Vaksin penting untuk mencegah penyebaran wabah penyakit. (Foto: iStock) Vaksin penting untuk mencegah penyebaran wabah penyakit. (Foto: iStock)
Jakarta - Kasus penolakan terhadap vaksin semakin meningkat membuat banyak penyakit yang seharusnya sudah hilang kembali mewabah. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) bahkan menyebut fenomena penolakan vaksin ini sebagai ancaman global di tahun 2019.

Terkait hal tersebut belakangan viral perdebatan antara seorang anggota dewan di Texas, Amerika Serikat, dengan beberapa tokoh ahli di media sosial Twitter. Jonathan Stickland dari partai Republik menyebut vaksin sebagai sihir yang harus dijauhkan dari anak-anak.


Bermula ketika Profesor Peter Hotez dari Baylor College of Medicine mencuit agar para pembuat kebijakan melakukan sesuatu untuk mengurangi angka anak yang tidak divaksin.

"Anak-anak Texas telah ditempatkan pada posisi bahaya hanya untuk keuntungan finansial kelompok kepentingan luar. Saya memanggil para pemimpin kita yang terpilih untuk bilang 'JANGAN LAGI' dan mulai membela anak-anak kita," tulis Peter.

Cuitan tersebut ditanggapi oleh Jonathan yang menuduh kalau ilmuwan seperti Peter yang justru dibayar untuk mempromosikan vaksin demi meraup keuntungan. Jonathan juga menyebut kalau ini adalah bidang kekuasaan Tuhan.

"Berhentilah menggunakan tangan pemerintah untuk membuat bisnis Anda menguntungkan melalui mandat dan kekebalan. Itu menjijikkan," tulis Jonathan dan dikutip dari CNN, Jumat (10/5/2019).

Perdebatan antara Peter dan Jonathan mengundang ratusan komentar dari netizen. Ada yang mengapresiasi Jonathan tapi ada juga yang mengolok-oloknya.

"Pastinya @RepStickland juga tidak ke rumah sakit atau apotek untuk membeli obat, ahem maksud saya sihir jika suatu saat jatuh sakit," sindir seorang pengguna Twitter.

(fds/up)