Selasa, 14 Mei 2019 12:00 WIB

5 Obat Sakit Pinggang yang Bisa Dicoba

Fithria Pratiwi - detikHealth
5 Obat Sakit Pinggang yang Bisa Dicoba/Foto: istock 5 Obat Sakit Pinggang yang Bisa Dicoba/Foto: istock
Jakarta - Sakit pinggang membuat seseorang meringis kesakitan di area pinggang. Sebelum ke dokter, kamu bisa mereda rasa sakit dengan pertolongan pertama.

Sakit pinggang dapat dirasakan oleh segala usia. Biasanya muncul setelah mengangkat barang berat, terlalu lama duduk, atau terlalu lama berdiri. Lalu bagaimana cara mengobatinya? Berikut obat yang terbaik untuk menyembuhkan sakit pinggang:



1. Capsaicin

Tahukah kamu apa itu capsaicin? Capsaicin merupakan senyawa yang terkandung dalam cabai, paprika, atau bumbu dapur lainnya yang memiliki cita rasa pedas. Senyawa ini bekerja mengurangi zat alami tertentu di dalam tubuh yang mampu meloloskan sinyal rasa sakit ke otak. Kandungan capsaicin ini biasanya digunakan sebagai obat tradisional sakit pinggang dan nyeri saraf.

2. Jahe

Ekstrak yang terkandung di dalam jahe dipercaya dapat membantu mengatasi nyeri sendi dan otot. Jahe mengandung phytochemical yang dapat membantu menghentikan peradangan, sehingga dapat dijadikan obat herbal sakit pinggang.



3. Bedrest

Bedrest merupakan pengobatan yang dapat mengembalikan fungsi pinggang seharusnya. Tidak selalu berbaring di atas tempat tidur, kamu hanya butuh istirahat sesuai kebutuhan.

Terlalu banyak beristirahat di tempat tidur juga tidak baik, karena meningkatkan risiko kekakuan sendi. Jadi tetaplah melalukan aktivitas, jangan terlalu lama duduk, sesekali berbaringlah, miring ke kanan-kiri, dan seterusnya untuk tetap merasa nyaman.

4. Terapi Dingin dan Panas

Kamu dapat menggunakan cara terapi dingin dan panas untuk mengobati sakit pinggang yang ampuh. Mau tahu bagaimana caranya?

Pertama kamu dapat mengompres pinggang yang sakit dengan es sesekali selama 48 jam pertama setelah cedera. Setelah itu kompreskan air panas dengan cara menempelkan botol yang berisi air panas.

Pada saat di kompres air es, hal ini bertujuan untuk mengurangi aliran darah ke area yang cedera dan membantu mengurangi pembengkakan. Sementara mengompres dengan air panas, bertujuan untuk membantu mengendurkan otot-otot yang tegang dan meningkatkan aliran darah. Hal ini membuat suplai oksigen akan meningkat dan penyembuhan akan berjalan lebih cepat.

5. Obat Anti Nyeri

Selain cara alami di atas, kamu dapat menggunakan obat anti nyeri. Beberapa obat pereda nyeri dapat kamu temukan dengan mudah di apotek tanpa resep dokter. Tetapi, pastikan mengonsumsinya sesuai dengan petunjuk yang ada di kemasan.

Sakit pinggang dapat menjadi tanda dari masalah kesehatan tertentu yang cukup berbahaya. Penyebab rasa sakit pinggang sebelah kiri bisa jadi tanda dari masalah fungsi sistem pencernaan. Sementara sakit pinggang sebelah kanan berhubungan dengan organ di daerah abdomen, pinggang, atau bagian pelvis.

Jika sudah mencoba salah satu cara mengobati sakit pinggang di atas tidak adanya terjadi perubahan, akan lebih baik konsultasikan ke dokter.


Simak Juga 'Ikuti Gerakan Ini Untuk Atasi dan Cegah Nyeri Pinggang':

[Gambas:Video 20detik]

(nwy/up)