Kamis, 16 Mei 2019 08:06 WIB

Ibu Hamil Ikut Berpuasa, Boleh Olahraga Tidak Ya?

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Ibu hamil dianjurkan berolahraga, baik yang berpuasa maupun tidak. Foto: iStock Ibu hamil dianjurkan berolahraga, baik yang berpuasa maupun tidak. Foto: iStock
Jakarta - Rasa lemas saat berpuasa kadang membuat kita enggan untuk beraktivitas lebih. Apalagi untuk para ibu hamil, rasanya olahraga bukanlah hal yang akan pertama kali mampir di kepala di bulan Ramadhan ini.

Eits, jangan salah. Justru merutinkan berolahraga sangat dianjurkan bagi ibu hamil baik yang berpuasa maupun tidak. Menurut Kepala Departemen Maternitas Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia (UI), ns Dr Imami Nur Rachmawati, SKp, MSc, ibu hamil bisa melakukan olahraga sebelum magrib, setelah tarawih atau setelah sahur.

"Sebelum magrib usahakan olahraga yang bukan kardio. Olahraga kardio memiliki gerakan banyak. Kalau lemes itu kita justru disarankan berolahraga. Coba deh dengan berolahraga itu lebih sehat. Karena kita lemesnya bukan lemes capek, tapi lemes laper," katanya pada acara Bicara Sehat Tips dan Trik Puasa Aman bagi Ibu Hamil di Rumah Sakit UI Depok, Rabu (15/5/2019).



Kemudian jika memilih olahraga usai salat tarawih, dr Imami menyarankan olahraga dengan intensitas sedang. Bisa dengan bersepeda (jika biasa bersepeda sebelumnya) atau jalan cepat. Bersepeda juga bisa dilakukan jika memilih olahraga setelah sahur.

"Bersepeda keliling komplek 10 menit aja itu untuk ngilangin ngantuk. Supaya kita nanti enak tidurnya," lanjutnya.

Berolahraga rutin sangat baik bagi ibu hamil karena memiliki manfaat kesehatan yang besar, seperti misalnya mengurangi risiko kelebihan bobot, nyeri punggung, memudahkan persalinan, menyehatkan janin, menguatkan jantung, otot dan stamina, menghilangkan rasa lelah, dan memperbaiki mood.




Tonton video Bumil Jangan 'Gangguin' yang Puasa ya!:

[Gambas:Video 20detik]

(frp/up)
News Feed