Jumat, 17 Mei 2019 16:50 WIB

Pengidap Hipertensi Buka Puasa Makan Gorengan Boleh Saja, Asal...

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Ilustrasi pasien cek tekanan darah. (Foto: Ilustrasi/thinkstock) Ilustrasi pasien cek tekanan darah. (Foto: Ilustrasi/thinkstock)
Jakarta - Hipertensi atau tekanan darah tinggi menjadi salah satu penyakit yang sangat diwaspadai karena sifatnya yang silent killer atau tidak bergejala. Adapun faktor risikonya yakni pola hidup tidak sehat termasuk konsumsi garam berlebihan.

Ketika memasuki bulan puasa, gorengan menjadi menu takjil andalan sebagian besar masyarakat Indonesia. Namun kandungan garamnya yang cukup tinggi menjadikan makanan ini termasuk salah satu yang harus dihindari oleh pengidap penyakit hipertensi.

Lalu, apakah gorengan boleh dikonsumsi oleh mereka yang memiliki masalah hipertensi?

"Ada hal-hal yang secara bersamaan menjadi risk factor. Tentu orang dengan hipertensi dengan gangguan lemak masa iya makan gorengan," kata Ketua Perhimpunan Hipertensi Indonesia, dr Tunggul Situmorang, SpPD-KGH kepada detikHealth, Jumat (17/5/2019).



"Tapi kalau sekali-sekali tentu boleh saja tetapi harus proporsional. Kalau dia sudah gangguan lipid ya tentu harus dihindari," sambungnya.

Selain itu, disarankan memperbanyak konsumsi sayuran hijau seperti bayam yang mengandung magnesium sehingga bisa memperlancar aliran darah.

"Terapkan gaya hidup sehat juga penting, konsumsi makanan seimbang yang mengandung sayur, kacang-kacangan dan buah segar juga hentikan kebiasaan merokok," pungkasnya.

(kna/fds)
News Feed