Senin, 20 Mei 2019 02:10 WIB

Bangun Sahur Mepet? Ini Tips Menu Sehat Supaya Puasa Tetap Lancar

Firdaus Anwar - detikHealth
Sereal dan susu bisa jadi menu andalan kalau kamu telat bangun sahur. (Foto: iStock) Sereal dan susu bisa jadi menu andalan kalau kamu telat bangun sahur. (Foto: iStock)
Jakarta - Karena habis begadang atau alasan lainnya, beberapa di antara kita mungkin pernah terlambat karena susah bangun tidur untuk sahur. Kalau sudah seperti itu, usahakan tetap makan jangan hanya minum air putih karena sahur adalah kesempatan untuk mengisi 'bahan bakar' tubuh menghadapi puasa sepanjang hari.

Menu apa yang cocok disiapkan saat waktu sahur sudah mepet? Nutrisionis Leona Victoria Djajadi, MND, menyarankan kalau memang tidak bisa makan 'berat' saat sahur, ganti menu porsi kecil namun bernutrisi. Sebagai contoh roti sandwich, sereal gandum, atau susu.

Sereal jadi pilihan karena memiliki karbohidrat kompleks, serat dan vitamin yang dibutuhkan tubuh. Akan lebih baik bila ditambah dengan susu sebagai sumber protein agar kita tidak cepat lapar.


dr Inge Permadhi, SpGK, dari Departemen Ilmu Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia menyebut buah juga bisa jadi alternatif sahur saat mepet. Kandungan serat pada buah dapat membantu mencegah rasa lapar karena tubuh perlu waktu lama untuk mencernanya.

Pilihlah buah yang berserat putih seperti apel, pir dan anggur. Jangan lupa juga untuk makan buah beserta kulitnya.

"Buah-buahan tersebut memang benar dapat membantu tubuh agar tak mudah lapar. Karena buah-buahan itu memiliki serat yang tinggi. Lebih baik untuk memakan buah tersebut beserta dengan kulitnya, terutama untuk buah apel, pir, dan anggur. Untuk jeruk makanlah dengan serat buahnya yang berwarna putih," kata dr Inge beberapa waktu lalu.

(fds/up)
News Feed