Sabtu, 25 Mei 2019 14:00 WIB

Pakai Bra Berkawat yang Terlalu Ketat, Wanita Ini Terkena Kista

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Bra ketat bisa picu kondisi kesehatan yang buruk. (Foto: Dok. iStock) Bra ketat bisa picu kondisi kesehatan yang buruk. (Foto: Dok. iStock)
Jakarta - Seorang wanita berusia 51 tahun mengaku bra ketat telah meninggalkan lubang yang menganga di dadanya. Wanita yang bernama Lynne McConnell telah mengenakan bra berkawat yang terlalu ketat dengan strip tipis dan bahan yang kaku selama lebih dari 15 tahun.

Pada Juni tahun lalu, benjolan seukuran kacang yang menyakitkan terbentuk di tengah dadanya. McConnell kemudian memeriksakan diri ke klinik ketika dia menyadari terdapat kista sekeras batu sebesar 4cm yang bertumbuh di dadanya.

Dia kemudian diresepkan antibiotik ketika dokter mengira kista tersebut sebagai abses yang disebabkan oleh infeksi. Tetapi obat itu tidak berfungsi dan dia terpaksa pergi ke klinik payudara sebulan kemudian.

Untuk itu, McConnell harus mengangkat benjolan dengan operasi, meninggalkannya dengan luka terbuka yang tidak bisa dijahit dan membutuhkan waktu tiga bulan untuk sembuh.



McConnell mengatakan bekas luka itu masih lunak dan dia harus memakai bra olahraga yang longgar. Ahli bedah memberi tahu McConnell bahwa bra kabel memblokir pori-pori rambut dan menyebabkan kista berkembang.

"Sesuatu jelas salah dan yang saya inginkan adalah orang-orang belajar dari apa yang telah terjadi," katanya dikutip dari Dailymail.

Dia mengatakan dia ingin meningkatkan kesadaran tentang bahaya bra ketat sehingga perempuan lain tidak mengalami cobaan yang sama.

"Aku tidak ingin orang lain menjalani apa yang kumiliki. Itu benar-benar memengaruhi harga diri saya untuk waktu yang lama. Saya tidak bisa memakai bra selama berminggu-minggu dan saya berusaha bangga dengan penampilan saya. Itu tidak baik sama sekali," tambahnya.

Saat ini, McConnell menggunakan jaringan isian di bawah bra-nya untuk menambah kenyamanan dan menghilangkan rasa sakit yang rasanya benar-benar mengerikan.

"Saya merasa sengsara sepanjang waktu dan itu benar-benar memengaruhi kepercayaan diri saya. Lubang itu adalah hal pertama dan terakhir yang saya pikirkan setiap hari," pungkasnya.


Pakai Bra Berkawat yang Terlalu Ketat, Wanita Ini Terkena Kista
(kna/up)