Senin, 27 Mei 2019 02:25 WIB

Semalaman Itikaf, Hindari 5 Makanan Ini Saat Sahur Supaya Tak Ngantuk

Widiya Wiyanti - detikHealth
Ilustrasi orang yang mengantuk saat itikaf. Foto: Rengga Sancaya Ilustrasi orang yang mengantuk saat itikaf. Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Pada 10 malam terakhir di Bulan Ramadhan, umat Muslim banyak yang berdiam diri di masjid atau itikaf semalam penuh. Karena itu, tidak jarang rasa kantuk menyerang pada siang harinya.

Agar itu tidak terjadi, makanan yang dikonsumsi pun harus yang bisa membantu tubuh tetap segar dan tidak mudah mengantuk. Hmm makanan apa ya sebaiknya tidak dikonsumsi pada saat sahur?

detikHealth kutip dari berbagai sumber, 5 makanan ini sebaiknya tidak kamu makan setelah semalaman beritikaf di masjid.



1. Nasi putih

Ada benarnya juga jika nasi putih dihindari karena membuat tubuh mudah mengantuk. Nasi putih yang mengandung karbohidrat tinggi dan rendah serat berkontribusi pada indeks glikemik yang tinggi sehingga mudah meningkatkan kadar gula darah. Meningkatnya kadar gula darah saat puasa memudahkan tubuh untuk merasa kantuk lebih besar.

Dalam sebuah penelitian, orang yang makan nasi putih, roti, atau mie dikaitkan dengan kualitas tidur lebih baik dan durasi yang lebih lama.

2. Ikan berlemak

Ikan berlemak seperti salmon, tuna, atau makarel memang sehat karena mengandung asam lemak omega-3 yang dapat melindungi tubuh dari peradangan dan dapat meningkatkan kesehatan jantung serta otak.

Tetapi kombinasi lemak omega-3 dan vitamin D di dalamnya dapat membantu meningkatkan kualitas tidur karena keduanya terbukti meningkatkan produksi serotonin, yaitu bahan kimia otak yang berkaitan dengan rasa kantuk. Maka sebaiknya hindari makan ikan berlemak saat sahur setelah beritikaf semalaman.



3. Susu

Susu mengandung protein cukup tinggi yang bisa membuat kita kenyang lebih lama, terutama saat puasa. Tetapi susu juga mengandung kalsium yang mampu memproses hormon yang membantu tidur, yaitu triptofan dan melatonin. Sehingga mengonsumsi susu saat sahur setelah melek semalaman bisa membuat kita mengantuk saat siang hari.

4. Pisang

Pisang merupakan buah favorit untuk menutup waktu sahur. Namun sebaiknya tidak kamu konsumsi setelah kamu beritikaf semalam penuh. Karena pisang juga mengandung triptofan dan magnesium yang baik, keduanya justru membantu tubuh untuk mendapatkan tidur lebih nyenyak.

5. Oatmeal

Nah oatmeal ini biasanya menjadi pilihan bagi orang-orang yang tengah menerapkan diet. Tapi sebaiknya pilih makanan lain jika kamu sudah begadang semalaman ya. Karena oatmeal cukup mirip dengan nasi putih, yaitu tinggi karbohidrat dan sumber melatonin yang membuat tubuh mudah mengantuk.

(wdw/up)
News Feed