Rabu, 29 Mei 2019 20:05 WIB

Mudik Saat Hamil dan Tetap Puasa? Ikuti Saran Ahli Gizi

Widiya Wiyanti - detikHealth
Ibu hamil yang ingin mudik sambil berpuasa harus ekstra hati-hati menjaga kesehatan. (Foto: iStock) Ibu hamil yang ingin mudik sambil berpuasa harus ekstra hati-hati menjaga kesehatan. (Foto: iStock)
Jakarta - Tidak terasa bulan Ramadhan akan mencapai akhir dan bertemu dengan hari lebaran. Lebaran begitu identik dengan budaya mudik ke kampung halaman bagi para perantau. Biasanya kebanyakan orang memulai mudik saat masih berpuasa.

Dokter spesialis gizi klinis dari RS Pondok Indah dr Juwalita Surapsari, MGizi, SpGK membagikan saran bagi para ibu hamil yang berpuasa dan ikut mudik agar tetap dalam kondisi yang sehat.

"Baiknya tetap bawa bekal. Bawa makanan ringan yang mengandung gula tapi disertai serat," ujarnya.

dr Juwalita menyarankan untuk membawa kurma karena mengandung vitamin, serat, dan gula yang cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Mengonsumsi 2-3 butir kurma bisa mengembalikan kadar gula darah yang turun selama seharian berpuasa.


Ia juga mengatakan bila ibu hamil yang berpuasa mengalami lemas, pusing, rasa lapar berlebih, dan berkeringat, sebaiknya segera membatalkan puasa dan mengonsumsi makanan yang mengandung cukup gula dan serat.

Selain itu, ada baiknya melakukan perjalanan mudik dengan santai, sering beristirahat dapat membuat tubuh tidak terlalu kaku karena darah tidak mengalir dengan baik.

"Setiap dua tiga jam berhenti untuk berdiri, lurusin kaki biar pembuluh darah naik. Itu wajib, 5 menit saja," tandasnya.

(wdw/up)
News Feed