Senin, 10 Jun 2019 13:00 WIB

'Vacuum Challenge', Tantangan Baru yang Sangat Berbahaya Viral di Medsos

Widiya Wiyanti - detikHealth
Vacuum Challenge yang viral di medsos. Foto: Youtube
Jakarta - Banyak bertebaran tantangan atau challenge di media sosial (medsos) yang bisa diikuti siapa saja, baik yang bermanfaat atau justru membahayakan. Sebelumnya, skip challenge yang bisa merenggut nyawa, kini muncul lagi tantangan yang berbahaya bernama 'vacuum challenge' atau "trash bag challenge".

Banyak video muncul yang menunjukkan orang mengikuti challenge itu dengan masuk ke dalam trash bag atau kantung plastik hitam besar dan kemudian orang lain menyedot kantung tersebut dengan vacuum cleaner atau penyedot debu hingga membungkus tubuh sangat ketat.

Melihat video challenge itu menjadi viral di medsos, para ahli menegaskan challenge tersebut sangat berbahaya. Tantangan itu dapat menyebabkan hipoksia serebral, yaitu kondisi berkurangnya pasokan oksigen ke otak, meskipun darah masih tetap mengalir.



"Sel-sel otak sangat sensitif terhadap kekurangan oksigen dan dapat mulai mati dalam waktu lima menit setelah pasokan oksigen terputus," kata lembaga National Institute of Neurological Disorders and Stroke dikutip dari NY Post.

Selain vacuum challenge, hipoksia serebral juga bisa terjadi karena olahraga berat seperti tinju, menyelam, sepak bola, dan mendaki gunung. Petugas pemadam kebakaran juga bisa terkena hipoksia serebral karena terpapar asap tebal atau karbon monoksida.

(wdw/fds)