Kamis, 13 Jun 2019 13:26 WIB

Disangka Jutek Padahal B Aja? Mungkin karena 'Resting Bitch Face'

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Ilustrasi diprotes jutek. Foto: Thinkstock Ilustrasi diprotes 'jutek'. Foto: Thinkstock
Jakarta - Pernah nggak sih kamu dikira jutek oleh orang-orang yang mungkin saja baru kamu temui? Sudah sebiasa mungkin tapi tetap saja keluar omongan 'ih sombong banget sih dia!' dari orang-orang yang tiba-tiba saja melirik sinis ke arahmu.

Sabar ya, mungkin kamu memiliki wajah yang tergolong dalam kategori 'resting bitch face' yaitu ekspresi wajah yang tanpa disengaja seperti menunjukkan emosi marah, terganggu, atau kesal padahal lagi merasa rileks atau tidak mengalami ekspresi yang khusus.

Dilansir The Washington Post, peneliti membuat Noldus's FaceReader, sebuah alat yang bisa mengidentifikasi ekspresi spesifik berdasarkan katalog dari 10 ribu lebih wajah berbeda. Perangkat lunak ini bisa mengamati wajah melalui live camera, foto, atau klip video, dan menganalisis gambar tersebut berdasarkan delapan emosi dasar manusia. Emosi tersebut yakni senang, sedih, marah, takut, terkejut, jijik, menghina, atau netral.

Jason Rogers dan Abbe Macbeth yang merupakan peneliti dari projek ini pun mencoba memproses foto Kanye West, Kristen Stewart dan Ratu Elizabeth dalam perangkat lunak itu. Tiba-tiba saja, emosi yang menunjukkan ekspresi 'menghina' naik menjadi dua kali lipat.


Hmm memangnya ekspresi wajah yang terkesan 'menghina' seperti apa sih?

"Satu sisi bibir sedikit ditarik ke belakang, mata sedikit menyipit," Rogers menjelaskan.

"Ada pengencangan di sekitar mata, dan sudut bibir terangkat sedikit -- tetapi tidak tersenyum," tambah Macbeth.

Sebenarnya apa yang diinterpretasikan pada perangkat lunak pendeteksi ini sama saja sih dengan otak manusia. Tapi ada yang berbeda, perangkat lunak ini bisa menghilangkan bias gender antara pria dan wanita dengan memberikan hitungan yang sama tanpa terpengaruh norma-norma sosial di mana biasanya wanita dituntut lebih banyak tersenyum dari pada pria.

Kamu pernah mengalami hal yang sama tidak? Coba bagikan pengalamanmu di kolom komentar.



(ask/kna)