Jumat, 14 Jun 2019 15:10 WIB

Komentar Ahli Soal Cerita Konsumsi Bubble Tea Menumpuk di Usus

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Bubble tea menjadi minuman favorit yang digandrungi oleh semua kalangan. (Foto: iStock) Bubble tea menjadi minuman favorit yang digandrungi oleh semua kalangan. (Foto: iStock)
Jakarta - Bubble tea belakangan ini menjadi minuman favorit yang digandrungi oleh semua kalangan. Tak hanya anak-anak, dewasa pun suka dengan minuman ini karena varian rasanya yang segar.

Bagaimanapun, mengonsumsi makanan tertentu dalam jumlah besar sangat tidak dianjurkan. Beberapa waktu lalu, seorang gadis berusia 14 tahun asal China harus dirawat di rumah sakit setelah dokter menemukan adanya 'tumpukan' bubble tea di tubuhnya yang tidak bisa tercerna dengan baik.

Lalu, apa sih sebenarnya kandungan dari bubble tea?

Bubble tea sendiri terbuat dari susu, teh, atau kreamer yang bisa dicampur dengan perasa lainnya. Bola-bola hitam atau biasa disebut bubble pearl terbuat dari tepung tapioka atau kanji.



Dilansir dari Healthline, tapioka adalah pati murni dan memiliki nilai gizi yang sangat terbatas. Selain itu, kandungan vitamin dan mineralnya pun sangat rendah.

"Bahkan jika kamu mengonsumsi tapioka untuk mendapatkan sedikit gizinya, kamu kemungkinan akan mengalami sembelit," demikian dikutip situs tersebut.

Meski demikian, ahli gizi dan Ketua Indonesia Sport Nutritionist Association (ISNA), Dr Rita Ramayulis, DCN, MKes, mengatakan berlebihan jika mengklaim bahwa tapioka pada bubble pearl sampai tidak bisa dicerna.

"Tapioka nggak sulit dicerna, justru gluten atau tepung terigu yang fungsinya membuat kenyal juga yang malah sulit dicerna. Di bubble tea itu 0 gluten," sebutnya kepada detikHealth, Jumat, (14/6/2019).

Rita menambahkan memang pada orang Indonesia, konsumsi gluten tidak dianjurkan karena akan membuat masalah pada sistem pencernaan.

Tentunya, konsumsi bubble tea tidak menjadi masalah jika tidak berlebihan. Sebab bukan hanya masalah pencernaan saja, bubble tea mengandung gula cukup tinggi sehingga akan membuat tubuh menjadi obesitas dikemudian hari.



Simak Juga 'Mengenal Faktor Risiko Kanker Usus':

[Gambas:Video 20detik]

Komentar Ahli Soal Cerita Konsumsi Bubble Tea Menumpuk di Usus
(kna/fds)